Untuk menjaga kesehatan bayinya, setiap ibu akan sangat memperhatikan kebersihan barang-barang yang setiap saat bersentuhan dengan bayi, seperti pakaian dan tempat makannya. Tapi moms, rupanya bukan hanya pakaian dan tempat makan bayi loh yang harus selalu rutin dibersihkan. Beberapa peralatan bayi ini juga harus dibersihkan secara rutin.

Bedding Set

Bayi menghabiskan sebagian besar waktunya untuk tidur. Oleh karena itu kebersihan peralatan tidur bayi seperti bantal, guling, selimut, bumper bed, harus selalu dijaga. Moms harus membersihkannya setidaknya seminggu sekali untuk menghindarkan bayi dari penyakit kulit ataupun binatang parasit seperti tungau. Beli setidaknya 2 sarung bedding set agar moms memiliki cadangan saat salah satunya sedang dicuci. 

Bedding Set
baca juga

Gendongan

Selain di tempat tidurnya, bayi juga akan sering berada dalam gendongan moms. Jika moms gemar menggendong menggunakan gendongan, maka moms juga harus membersihkannya secara rutin. Cuci gendongan paling lama satu minggu sekali, dan cuci lebih sering jika gendongan digunakan bergantian dengan beberapa orang. Tempatkan pula gendongan di tempat yang bersih saat tak dipakai.

Gendongan

Handuk

Handuk bisa menjadi sarang jamur dan bakteri, apalagi jika terus dibiarkan dalam keadaan lembab. Ganti handuk bayi moms paling tidak 2 kali dalam seminggu, hal ini bertujuan agar kulit bayi yang bersentuhan langsung dengan handuk tidak berisiko terkena jamur atau bakteri yang bisa saja menempel pada handuk kotor.

Handuk
baca juga

Mainan

Menjadi salah satu benda yang sering dipegang dan bahkan dimasukkan ke dalam mulut bayi, kebersihan mainan justru sering kali luput dari perhatian. Penting bagi moms untuk selalu menjaga kebersihan mainan bayi dengan cara mengelap atau mencucinya maksimal satu minggu sekali. Tapi untuk mainan jenis teether moms harus mencucinya setiap hari.

Mainan

Play Matt

Play matt atau matras bermain bayi adalah area dimana bayi paling sering bermain untuk menghabiskan waktu. Play matt biasanya akan ditempatkan begitu saja di lantai, karenanya play matte sangat rentan terpapar debu dan kotoran. Moms harus secara rutin membersihkan play matt dengan menggunakan jasa pembersih profesional paling tidak satu bulan sekali.   

Play Matt

Stroller

Merupakan alat untuk mobilitas bayi, stroller pasti sering berada di area umum dan bisa terpapar apa saja dari luar, entah itu debu, polusi, hingga virus dan bakteri. Bagi moms mencuci stroller mungkin terdengar mustahil, tapi saat ini sudah tersedia jasa pembersih stroller profesional yang bisa moms percaya untuk menjaga kebersihan stroller. Lakukan pembersihan setiap beberapa bulan sekali atau kapanpun ketika moms merasa membutuhkannya.

Stroller