Kadang Bayi Berhenti Bernapas

Jangan khawatir ya Moms jika si kecil terlihat kadang berhenti bernapas. Jangan panik dulu, saat bayi baru lahir tidur, mereka akan berhenti bernapas sekitar 5-10 detik. Hal ini normal kok Moms untuk bayi baru lahir. Yang perlu Moms khawatirkan adalah jika si kecil berhenti bernapas lebih dari 10 detik dan kemudian wajahnya berubah menjadi biru. Segera bawa ke dokter ya, Moms, jika terjadi hal demikian.

Kadang Bayi Berhenti Bernapas
source: https://health.detik.com/

Menangis Tanpa Air Mata

Nggak cuma orang patah hati Moms yang bisa menangis tanpa air mata, bayi baru lahir juga bisa, lho. Bayi baru lahir bisa menangis tanpa air mata, karena air mata baru keluar ketika bayi menginjak usia 1 bulan. Dan puncak menangis keras si kecil berlangsung mulai usia 6-8 minggu hingga sekitar usia 3 bulan.

Menangis Tanpa Air Mata
source: https://bogor.tribunnews.com/
baca juga

Pup Tidak Berbau

Pup bayi baru lahir biasanya tidak berbau, Moms. Hal ini dikarenakan sistem pencernaan bayi belum terdapat bakteri. Setelah satu atau dua hari si kecil disusui, maka bakteri pencernaan mulai berkembang dan pup bayi akan berubah. Pada 1-2 hari pertama kehidupan si kecil, pup nya akan berwarna hitam. Tapi jangan khawatir ya, Moms. Itu adalah mekonium. Apa itu mekonium? Mekonium adalah perpaduan antara lapisan membran rahim, air ketuban yang lengket, dan semua sisa hasil cerna bayi di dalam rahim.
Pup Tidak Berbau
source: https://www.enfa.co.id/

Sering Gumoh

Setelah menyusu, bayi baru lahir akan mengeluarkan lagi susu tersebut dari mulutnya. Kebanyakan orang menyebutnya dengan istilah gumoh. Gumoh terjadi karena katup pemisah antara esofagus dan lambung bayi belum berfungsi sempurna. Gumoh juga disebabkan karena ukuran lambung bayi yang kecil. Jadi setelah menyusu, sebaiknya Moms memposisikan bayi dengan posisi berdiri agar si kecil bersendawa.

Sering Gumoh
source: https://www.mamibuy.co.id/
baca juga

Butuh Waktu Tidur yang Lama

Biasanya bayi baru lahir sehat membutuhkan tidur selama 16-18 jam per hari nya. Ketika mencapai usia 6 bulan, sebagian besar bayi tidur selama 6 jam pada malam hari. Pada malam hari, usahakan agar bayi tidak terbangun. Cara yang dapat dicoba yaitu dengan membiarkan bayi melakukan banyak aktivitas di siang hari sehingga ia tetap terjaga dalam waktu yang lama dan dapat tidur lebih lama ketika malam hari.

Butuh Waktu Tidur yang Lama
source: https://www.johnsonsbaby.co.id/

Nah Moms, itu tadi 5 kebiasaan bayi baru lahir yang Moms wajib tahu agar tidak kaget jika sewaktu-waktu si kecil melakukannya. Semoga informasi ini bermanfaat, Moms.