Siapa yang tidak pilu melihat bagaimana seorang ayah menggendong anaknya yang terbujur kaku ke rumah duka setelah dinyatakan meninggal dunia akibat tenggelam. Pihak Puskesmas menolak untuk meminjamkan mobil ambulans dengan alasan aturan SOP penggunaan ambulans yang harus dipatuhi. Sayangnya, tersebarnya foto dan video di media sosial membuat geram para netizen. Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah, pun mendapatkan kabar berita tersebut dan segera mendatangi kediaman keluarga almarhum Muhammad Husein.


Fakta Kasus Ayah Gendong Jenazah Anak

Sebenarnya, Dinas Kesehatan Kota Tangerang sudah memberikan pernyataan terkait kasus ini. Mereka mengakui adanya aturan penggunaan mobil ambulans yang hanya bisa digunakan pada kasus-kasus gawat darurat. Sedangkan untuk membawa jenazah, terdapat fasilitas lain berupa mobil jenazah yang bisa digunakan secara gratis dengan menelepon call center 112. Sayangnya, hal ini sepertinya kurang diinformasikan hingga akhirnya tragedi ayah menggendong jenazah anak pulang ke rumah duka terlanjur terjadi dan menyebar.

Kasus Ayah Menggendong Jenazah Anaknya, Wali Kota Tangerang: "Utamakan Kemanusiaan"
source: https://sumsel.tribunnews.com/
baca juga


Wali Kota Tangerang Takziah ke Rumah Korban

Setelah mendengar berita tentang kasus ini, Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah, segera datang takziah ke rumah korban. Ia memaparkan bahwa maksud kedatangannya selain untuk berbelasungkawa adalah untuk memohon maaf pada keluarga korban. Ia sadar bahwa kasus ini merupakan sesuatu yang tidak seharusnya terjadi. Ia juga mengaku bahwa ada kesalahan dan kekurangsigapan petugas Puskesmas yang membuat pelayanan menjadi tidak maksimal.

Kasus Ayah Menggendong Jenazah Anaknya, Wali Kota Tangerang: "Utamakan Kemanusiaan"
source: https://megapolitan.okezone.com/


Wali Kota Tegur Pihak Puskesmas Cikokol

Arief juga mengatakan bahwa sudah menegur petugas Puskesmas Cikokol. Ia merasa bahwa kasus ini tidak seharusnya terjadi. Sebagai petugas pelayanan, sudah seharusnya kita semua sigap dalam memberikan kemudahan bagi masyarakat. Ia pun menyatakan bahwa akan dilakukan pengawasan langsung untuk perbaikan SOP pelayanan di Dinas Kesehatan.

Kasus Ayah Menggendong Jenazah Anaknya, Wali Kota Tangerang: "Utamakan Kemanusiaan"
source: http://www.suaraaktual.co/


Menurutnya, petugas kesehatan seharusnya mengutamakan dan mengedepankan pelayanan gawat darurat atas dasar kemanusiaan. Ia juga berharap kasus serupa tidak akan terulang lagi.