Terlalu Sering Menatap Layar Buat Anak Malas Belajar, Ini Penjelasannya

Memudahkan Segalanya Aktifitas

Ingin mengerjakan tugas, cari informasi terbaru, mau mencari alamat bahkan pesan makanan semua bisa dilakukan hanya dengan menatap layar. Maka wajar rasanya jika anak-anak hingga orang tua bergantung pada kemudahan era digital. Bahkan bukan hanya dapat memudahkan segalanya aktifitas harian tapi juga melengkapi kebutuhan. Dan karena kemudahan itulah orang makin malas bergerak terlebih pada anak-anak yang sudah kecanduan game, melepas gadget bisa jadi hal yang sulit dilakukan.

Mengacaukan Kemampuan Multitasking

Sadar atau tidak saat mata mulai fokus pada layar smartphone maupun komputer, maka otomatis moms akan menghentikan aktivitas yang lain kan? Hal ini juga terjadi pada anak-anak saat memegang gadget maka fokusnya hanya pada layar smartphone tersebut. Jika kebiasaan ini berlanjut maka dapat mengacaukan kemampuan multitasking anak.

Terlalu Sering Menatap Layar Buat Anak Malas Belajar, Ini Penjelasannya

Mesin Pencari Membuat Malas Berpikir

Dulu untuk mencari jawaban soal pekerjaan rumah, moms pasti perlu membaca beberapa buku. Namun sekarang cukup degan klik, bahkan anak-anak mampu menemukan jawaban apapun karena adanya mesin pencari. Padahal dengan adanya mesin pencari membuat malas berpikir. Bagi anak-anak, hal ini dapat menghilangkan sikap kritis terhadap sebuah informasi. Sebab anak cenderung memilih yang mudah dari pada yang benar. Padahal soal dibuat dengan tujuan untuk mengetahui apakah kemapuan berfikir anak.

Interaksi Sosial Anak Menjadi Terbatas

Penelitian seorang psikolog dari Amerika Serikat bernama Dr. Aric Sigman menunjukkan bahwa penggunaan gadget yang berkepanjangan dapat memberikan masalah perilaku, emosional, bahkan fisik. Salah satunya adalah menyebabkan interaksi sosial anak menjadi terbatas.

Padahal hubungan dan interaksi antar sesama dapat membantu seseorang mencapai kematangan emosional sebagai manusia. Namun bila terus berada di depan layar gadget maka anak jadi semakin terisolasi dari lingkungan sekitarnya. Dan akibat kelak anak jadi pemalu dan malas untuk bersosialisasi.

baca juga
Terlalu Sering Menatap Layar Buat Anak Malas Belajar, Ini Penjelasannya

Menimbulkan Kecanduan

Kecanduan gadget adalah fenomena nyata di era digital ini. Tak dapat dipungkiri menatap layar smartphone atau video game dapat menimbulkan kecanduan pada anak. Bahkan berbagai negara mulai bermunculan pusat terapi untuk menangani anak-anak yang kecanduan smartphone atau video game.

Hal ini tentu karena kecanduan merupakan gejala merusak diri anak sendiri. Bila anak sudah kecanduan game misalnya, maka akan malas untuk beraktivitas di luar apalagi belajar, kalau sudah malas belajar tentu aibatnya nilai menjadi jelek.

Demikian tadi beberapa penjelasan kenapa menatap layar menatap layar seperti smartphone atau video game dapat menjadikan malas. Dengan begini moms pun makin bijak memberi fasilitas pada anak kan? Sebab teknologi itu penting namun jangan sampai buah hati menjadi malas karena teknologi ya moms.