Apa Tanda Kulit Sensitif?

"Kulit sensitif" sebenarnya tidak dapat didiagnosis secara medis. Kulit yang sensitif dalam diamati hanya dengan melihat reaksi dan respon dari kulit terhadap beberapa stimulasi. Jika kamu bertanya-tanya apakah kulitmu sensitif, mulailah dengan bertanya pada diri sendiri:

  • Pernahkah kamu memiliki lebih dari 3 reaksi atau lebih terhadap sebuah produk perawatan kulit seperti sabun, lotion, krim, sampo, dll?
  • Apakah kamu mengalami reaksi kulit tertentu saat menggunakan tabir surya?
  • Apakah kamu mengalami reaksi kulit gatal-gatal dengan produk perawatan kulit atau rambut tertentu?
  • Apakah kamu sangat berhati-hati ketika mencoba produk baru karena kamu pernah memiliki pengalaman buruk?
  • Apakah kamu sensitif terhadap wewangian?
  • Pernahkah kulitmu bereaksi terhadap obat resep yang mengandung krim / lotion / gel dll?
  • Apakah kamu memiliki riwayat alergi, asma, eksim, atau demam? Jika ya, kemungkinan kamu memiliki alergi atau iritasi kulit yang lebih tinggi.

Jika kamu menjawab "ya" untuk beberapa pertanyaan ini, kamu mungkin memiliki kulit sensitif.

Ketahui Tanda Kulitmu Sensitif dan Cara Mengatasinya
source: https://www.webmd.com/

Meskipun begitu, perhatikan tentang adanya perbedaan antara kulit yang mudah teriritasi atau "kulit sensitif," dan kulit yang benar-benar alergi. Reaksi alergi terjadi ketika sistem kekebalan tubuh diaktifkan terhadap bahan-bahan tertentu dalam produk yang menyebabkan kemerahan, benjolan, gatal, rasa terbakar, dan bahkan gatal-gatal. Sedangkan kulit sensitif, masalahnya bukan pada bahan atau produk spesifik itu sendiri, tetapi pada banyak kadar yang digunakan. 

Ketahui Tanda Kulitmu Sensitif dan Cara Mengatasinya
source: https://www.onhealth.com/
baca juga

Konsep yang sama ini berlaku terutama pada produk yang bersifat asam. Kamu mungkin baik-baik saja dengan serum Vitamin C dengan kadar 10%. Namun saat menggunakan produk dengan kandungan vitamin C dengan kadar 20% kulit tampak memberikan respon yang berbeda. Ini tidak menunjukkan reaksi alergi, hanya adaptasi kulit yang masih kurang baik terhadap kadar tertentu dalam bahan-bahan khusus.

Ketahui Tanda Kulitmu Sensitif dan Cara Mengatasinya
source: https://www.medicalnewstoday.com/


Mengatasi Masalah Kulit Sensitif

Jika kamu memiliki kulit sensitif, berikut adalah beberapa langkah yang dapat kamu ambil untuk mengurangi masalah dan keluhan yang terjadi:

  • Pilih produk yang mengatakan bahwa produk ini dapat digunakan untuk kulit sensitif.
  • Perhatikan kandungan bahan aktif yang digunakan. Pastikan untuk memilih kadar yang lebih rendah.
  • Secara umum, produk perawatan kulit organik atau natural memiliki lebih sedikit bahan kimia. Namun, ingatlah bahwa ekstrak tumbuhan masih dapat menyebabkan alergi kulit.
  • Jika suatu produk membuat kulitmu gatal atau terbakar, atau tampaknya membuat kulit menjadi lebih buruk, hentikan penggunaan produk dan hubungi dokter.
  • Jika kamu mendapati gejala ruam, jauhkan area kulit tersebut dari paparan sinar matahari sepenuhnya dan tutupi. Setelah itu, segera periksakan kondisimu ke dokter.
Ketahui Tanda Kulitmu Sensitif dan Cara Mengatasinya
source: https://www.insider.com/

Memang akan sedikit merepotkan saat seseorang memiliki kulit yang sensitif. Namun, jika kamu memahami betul karakteristik dan sifat kulitmu, semuanya akan berjalan dengan lebih santai, termasuk saat memilih produk skincare harianmu.