Kecerdasan Anak berdasarkan Gen

Premis dari teori yang menyatakan bahwa kecerdasan seorang anak diturunkan dari sang ibu sepertinya menggunakan dasar "gen kecerdasan" pada kromosom X sebagai penentu. Mereka menganggap bahwa anak-anak lebih cenderung mewarisi kecerdasan dari ibu mereka karena gen kecerdasan terletak pada kromosom X (dan ibu memiliki dua kromosom X).

Kecerdasan Anak Tergantung Pada Kecerdasan Ibunya, Benarkah?
source: https://cdn.newsapi.com.au/

Seorang wanita memang memiliki dua kromosom X, tetapi kromosom tersbeut bukanlah kromosom yang identik. Selain itu, tentu saja, anak-anak juga mendapatkan kromosom dari ayah mereka. Ibu umumnya hanya memberikan satu X untuk anak-anak mereka. Sedangkan ayah mereka akan memebrikan kromosom X atau Y (yang nantinya akan menentukan jenis kelamin dari anak).

Mengingat adanya dua kromosom X yang dimiliki ibu (dengan jenis yang tidak sama) maka dengan kata lain tidak ada bukti pasti tentang faktor apapun yang mutlak diturunkan dari sang ibu, begitu pula dengan ayah.

baca juga


Penentu Kecerdasan Anak

Kecerdasan itu adalah hal yang kompleks dan rumit. Meskipun mungkin setengah dari kecerdasan kita disebut sebagai warisan dari orangtua, proporsi itu pada gilirannya terbagi menjadi banyak varian genetik yang tersebar di seluruh gen kita. Varian-varian ini beroperasi bersama dalam berbagai cara untuk membentuk apa yang kita kenal sebagai kecerdasan.

Perlu dipahami juga, masing-masing fragmen hereditas yang berkontribusi itu sendiri bergantung pada sejumlah faktor lingkungan, baik dalam dunia molekuler langsung dan input untuk seluruh organisme, yang akan mempengaruhi fungsinya. 

Kecerdasan Anak Tergantung Pada Kecerdasan Ibunya, Benarkah?
source: https://cdn.newsapi.com.au/

Dengan kata lain, kecerdasan seorang anak, tidak hanya dapat ditentukan dari penurunan kecerdasan dari ibunya atau orangtuanya. Ada banyak aspek kehidupan seorang anak yang berperan besar dalam pembentukan kecerdasan seorang anak.

Kecerdasan Anak Tergantung Pada Kecerdasan Ibunya, Benarkah?
source: https://www.verywellfamily.com/
baca juga

Namun, apa pun yang sebenarnya terjadi dalam sistem tubuh manusia, sebagai orangtua Mommy harus memberikan perhatian, pendidikan, dan pola pengasuhan terbaik untuk membentuk karakter dan kecerdasan anak yang lebih optimal.