Ciri-ciri kehamilan 1 bulan

Meskipun sudah direncanakan matang mengenai program kehamilan, tapi ada beberapa Moms yang tak menyadari bahwa sedang hamil di bulan pertama. 

Dikutip dari Early Pregnancy Tests, pekan-pekan pertama akan ada pembelahan sel dan pertumbuhan yang eksplosif. Untuk itu, direkomendasikan semua calon ibu perlu mengonsumsi multi-vitamin prenatal yang mencakup asam folat.

Selain Terlambat Haid, Ini Ciri-ciri Hamil 1 Bulan yang Perlu Moms Ketahui
source: https://id.theasianparent.com/apakah-yang-terjadi-pada-kehamilan-1-bulan/amp

"Nutrisi sebelum kehamilan diperlukan untuk mencegah kekurangan asam folat, zat besi, antioksidan, dan vitamin D. Diperlukan juga asupan kalsium, zink dan asam folat untuk mempersiapkan organ reproduksi. Makronutrisi seperti karbohidrat, protein, dan asupan rendah lemak juga diperlukan untuk menjaga berat badan yang ideal," ujar Head of Medical Kalbe Nutritionals dr. Muliaman Mansyur, dikutip dari HaiBunda.

Lalu ciri-ciri apa sajakah yang bisa menandai bahwa Moms sedang hamil?

1. Mual dengan atau tanpa muntah
Tiga minggu setelah pembuahan, sebagian wanita merasakan mual, dengan atau tanpa muntah. Tidak hanya pagi hari, mual semacam ini bisa terjadi kapan saja. Hal ini berkaitan dengan hormon kehamilan.

Selain Terlambat Haid, Ini Ciri-ciri Hamil 1 Bulan yang Perlu Moms Ketahui

2. Payudara bengkak dan sensitif
Tanda hamil 1 bulan yang juga bisa Moms lihat dan rasakan secara fisik yaitu Moms akan mengalami rasa nyeri atau bahkan ngilu di sekitar dada atau payudara apalagi jika disentuh. Perubahan bentuk payudara yang menjadi lebih membesar dan terasa lebih sensitif saat dipengang, ini bisa jadi salah satu pertanda kalau Moms tengah hamil muda.

baca juga

3. Mudah lelah
Perasaan mudah lelah akan dirasakan oleh para calon ibu yang sedang hamil muda. Perubahan kadar hormon estrogen dan progesteron saat hamil memengaruhi fisik seorang perempuan. Oleh karenanya saat sedang hamil ia menjadi tidak sekuat biasanya dan mudah merasa lelah, meskipun ia melakukan aktivitas-aktivitas sederhana yang tidak terlalu berat.

Selain Terlambat Haid, Ini Ciri-ciri Hamil 1 Bulan yang Perlu Moms Ketahui

4. Keluar bercak atau flek coklat
Jika Moms mengalami flek coklat atau pendarahan ringan setelah lima atau sepuluh hari pembuahan ini adalah kondisi normal pada ibu yang tengah hamil muda. Karena inilah saat embrio ditanamkan di dalam rahim. Namun jika bercak keluar lebih dari seminggu dengan intensitas semakin banyak disertai sakit perut sebaiknya segera periksakan ke dokter ya, Moms.

5. Sakit pinggang bagian bawah dan kram perut
Kondisi yang dialami ibu yang tengah hamil muda adalah sakit pinggang bagian bawah disertai kram perut. Kram perut pada saat hamil ini umumnya merupakan kram perut yang ringan, dan rasanya seperti kram perut pada saat kamu mengalami menstruasi.

Untuk mengatasinya, Moms cukup kompres perut dengan banyal penghangat dan istirahat yang cukup.

Selain Terlambat Haid, Ini Ciri-ciri Hamil 1 Bulan yang Perlu Moms Ketahui
source: https://nakita.grid.id/amp/0213072/kapan-harus-khawatir-jika-terjadi-kram-perut-saat-hamil

6. Sensitif terhadap bau
Seseorang yang sedang hamil muda bisa saja menjadi tidak suka terhadap bau atau aroma dari sesuatu yang sebelumnya tidak masalah baginya, seperti aroma tubuh suaminya. Hal ini dikarenakan pada perempuan yang tengah hamil muda, indera penciuman menjadi lebih tajam dari sebelumnya.

baca juga

7. Lebih sering buang air kecil
Adanya tekanan di bagian kandung kemih akibat pertumbuhan janin di rahim akan membuat perempuan yang sedang hamil menjadi lebih sering buang air kecil lebih daripada biasanya. Meskipun kondisi ini akan melelahkan bagi Moms karena harus bolak balik ke kamar mandi, namun perempuan yang sedang hamil tidak boleh menahan-nahan rasa ingin buang air kecil agar tidak meracuni janin.

Selain Terlambat Haid, Ini Ciri-ciri Hamil 1 Bulan yang Perlu Moms Ketahui
source: https://www.alodokter.com/buang-air-kecil-terus-saat-hamil

8. Terasa pusing
Tekanan darah cenderung akan menurun pada awal kehamilan, hal tersebut karena kombinasi dari hormon yang bergeser dan jantung berdetak lebih cepat. Ini bisa membuat Moms tiba-tiba pingsan dan pusing. Tetapi jangan khawatir, ini normal untuk tahap awal kehamilan. Namun jika Moms terasa pusing berkepanjangan segera periksa ke dokter ya.

9. Sering merasa lapar
Jika Moms sering merasa cepat lapar dari biasanya, hal ini juga merupakan salah satu tanda awal kehamilan. Ketika hamil, tubuh bekerja ekstra keras untuk memberi makan calon bayi, sehingga wanita hamil membutuhkan sekitar 300 kalori ekstra per hari. Namun, kondisi ini tak semua sama. Ada sebagian yang justru tidak nafsu makan dan merasa mual jika melihat makanan.

Selain Terlambat Haid, Ini Ciri-ciri Hamil 1 Bulan yang Perlu Moms Ketahui
source: https://www.alodokter.com/cara-memuaskan-rasa-lapar-saat-hamil-tanpa-makan-sembarangan

10. Terlambat haid
Jika haid sudah terlambat sekitar 2 minggu dari jadwal seharusnya, sudah saatnya Moms memeriksanya menggunakan tespack ataupun langsung ke bidan atau dokter kandungan. Hal ini tentu saja menandakan Moms terlambat haid karena sedang hamil ataupun ada faktor lainnya.

Nah, itu tadi ciri-ciri awal kehamilan yang bisa Moms rasakan. Semoga informasi ini bermanfaat ya!