Ketahui Bahaya Kurang Tidur Bagi Ibu Muda, Ini Tips Mengatasinya

Sempatkan Waktu Tidur, Karena Tidur Itu Penting!

Tidur adalah kebutuhan alami setiap orang. Sebenarnya, tidur seperti halnya bernafas dan makan. Saat tidur tubuh akan me-restore ulang apa yang terjadi pada tubuhnya, kerusakan-kerusakan apa yang terjadi di organ, di pikiran, dan di mental. Dengan tidur, tubuh akan memiliki regulasi sendiri untuk memperbaikinya.
 
Tubuh memiliki senyawa-senyawa dalam tubuh, misalnya seperti sitokin, natural killer cells, dan interleukin, yang berguna untuk melawan sel-sel kerusakan yang ada dalam tubuh seperti infeksi, peradangan, dan stress. Senyawa sitokin ini bisa muncul pada saat tubuh tidur. Senyawa-senyawa tersebut juga sangat bagus untuk menangani peradangan yang terjadi dalam tubuh. Maka dari itu, sangat penting untuk tidur.
 
Jam tidur normalnya bagi orang dewasa adalah 7 – 9 jam sehari. Untuk minimalnya adalah 6 jam sehari. Anak-anak adalah 9 – 10 jam. Sedangkan, jam maksimal tubuh untuk melek atau sadar adalah 16 jam sehari. Toleransinya 20 jam sehari.

Ketahui Bahaya Kurang Tidur Bagi Ibu Muda, Ini Tips Mengatasinya

Apa yang Terjadi Saat Moms Tidak Tidur?

Ada banyak akibat yang bisa terjadi bila moms kurang tidur. Diantaranya, yang paling fatal pertama kali adalah dapat memicu munculnya penyakit-penyakit serius. Contohnya: diabetes, sakit jantung, aritmia, alzheimer, dan gangguan mental. Penyakit-penyakit itu bisa muncul karena tidak adanya regulasi dan hormonal yang ada dalam tubuh karena tidak tidur.
 
Yang sering terjadi lainnya adalah adanya gangguan otak dan jantung. Jantung dan pembuluh darah memiliki waktu-waktu untuk istirahat dan meregulasi dirinya kembali. Kalau tidak tidur maka akan terjadi kerusakan mikro dalam jantung dan otak yang dapat memicu penyakit jantung dan stroke.
 
Akibat lainnya adalah terjadinya penuaan dini. Setelah beraktivitas, tidur dapat membantu untuk merekam atau menerima ingatan jangka pendek. Saat tidak tidur, bisa menyebabkan cepat lupa.
 
Selain itu, kurang tidur juga bisa membuat menurunnya performa seksual. Karena, hormon-hormon seperti testosterone, esterogene, itu juga akan menurun fungsinya. Karena, pada saat tidur terjadi regulasi dan perbaikan hormonal, kimiawi, jasmani, dan organ-organ. Saat tidak tidur akan sangat fatal bagi organ dalam tubuh yang mana juga bisa mengakibatkan penurunan fungsi system imun tubuh.

baca juga
Ketahui Bahaya Kurang Tidur Bagi Ibu Muda, Ini Tips Mengatasinya

Lantas, Bagaimana Ya Menjaga Kualitas Tidur Di Tengah Padatnya Aktivitas Sebagai Ibu Muda?

Tentunya, moms perlu membicarakan hal ini dengan pasangan. Meskipun terdengar sepele, tapi moms perlu mengatur waktu yg baik untuk mengatasi kurang tidur. Sesuaikan dengan kondisi pekerjaan masing-masing. Tujuannya supaya moms dan suami sama-sama bisa mendapatkan waktu istirahat yang cukup.
 
Berikut ini beberapa tips mencuri waktu agar moms tidak terlalu kurang tidur:

Tidurlah ketika si kecil sedang tidur
Walaupun hanya sebentar, paksakan tidur ketika si kecil tidur. Bila moms tidak bisa tidur, rebahkan badan dan meluruskan kaki agar dapat mengembalikan sebagian energi.

Enyahkan hal-hal yang mengganggu
Sebelum tidur, sebaiknya hilangkan gangguan, misalnya matikan nada dering HP, dan lain sebagainya. Bisa pula berpesan kepada orang lain yang ada di rumah untuk tidak membuat suara bising yang bisa mengganggu tidur moms.

Terima tawaran bantuan
Bila ada sanak keluarga ataupun teman yang menawarkan bantuan, sebaiknya terimalah bila moms membutuhkannya.

Batasi atau atur kunjungan tamu
Banyaknya tamu yang silih berganti datang juga dapat mengganggu. Bila mereka menelepon terlebih dahulu sebelum datang, ada baiknya moms mengaturnya agar waktu kedatangan mereka tidak terlalu mengganggu. Jangan sungkan untuk menolak dan mengajukan tanggal lain kepada mereka. Setelah itu moms bisa beristirahat.

Coba posisi menyusui sambil tidur miring
Moms dapat berbaring miring berhadapan dengan si kecil. Ketika ia menyusu, moms dapat tidur. Gunakan bantal untuk menopang dan mengatur ketinggian badan agar perlekatan payudara tetap baik.

Atur prioritas pekerjaan
Jangan merasa bersalah bila moms tidak dapat mengerjakan semua hal. Prioritaskan si kecil dan diri moms sendiri, baru kemudian hal-hal lain. Bila moms sakit kelelahan karena kurang tidur, maka bayi moms juga akan merasakan akibatnya juga, bukan?

 
Itulah moms cara mengatasi kurang tidur yang bisa moms terapkan dalam keseharian. Semoga bermanfaat ya.