Panu memang bukan masalah yang serius, tetapi dengan munculnya panu di area kulit tentu sangat mengganggu. Namun moms tidak perlu khawatir tips di bawah ini sangat aman dilakukan untuk membebaskan kulit dari panu, lho.

Bawang Putih

Bawang putih tidak hanya bisa digunakan untuk menambah sedap masakan, tetapi juga berguna untuk menghilangkan panu. Bawang putih memiliki allicin yang berguna sebagai anti bakteri sehingga bisa mengatasi masalah panu akibat jamur, sekaligus bawang putih mengandung antioksidan yang bagus untuk kesehatan kulit. Panu pada bayi pun bisa diatasi dengan bawang putih yang terkenal sebagai anti-jamur, anti-virus, dan anti-bakteri. Potonglah 1 siung bawang putih menjadi 2 bagian, kemudian gosokkan bagian dalam bawang putih pada area yang mengalami panu.  

Bawang Putih
baca juga

Kunyit

Selain bawang putih, kunyit juga mengandung kurkumin anti-oksidan tinggi yang baik untuk kesehatan kulit dan mampu melindungi kulit dari radikal bebas. Selain itu, kunyit mengandung minyak volatile yang berfungsi sebagai anti-inflamansi. Kombinasi antara kurkumin dan volatile itulah yang berguna mengatasi masalah panu, baik panu putih maupun panu hitam. Cara penggunaan kunyit pada panu yakni dengan menghaluskan kunyit, tempelkan pada panu, diamkan selama 15 menit, terakhir bilas dengan air hangat.

Kunyit

Lengkuas

Bakteri dan jamur yang menyebabkan panu bisa dihilangkan dengan menggunakan lengkuas. Lengkuas sendiri memiliki senyawa baik seperti amilum, kuersetin, dan flavonoid. Senyawa-senyawa tersebut bisa mengatasi panu. Cara pemakaiannya mudah cukup gosokkan daging lengkuas ke area kulit yang terkena panu, gosok hingga kulit kemerahan ya moms.

Lengkuas
baca juga

Jeruk Nipis

Jeruk nipis memiliki banyak kandungan yang baik untuk mengatasi panu mulai dari vitamin C, antioksidan, hingga asam sitrat. Selain mengatasi panu, jeruk nipis akan melindungi kulit dari bakteri dan jamur, moms. Moms bisa campurkan jeruk nipis yang telah dibelas menjadi dua dengan belerang, kemudian gosokkan pada area panu.  

Jeruk Nipis

Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh yang memiliki rasa asam ternyata bermanfaat menghilangkan panu secara alami, moms. Hal tersebut dikarenakan belimbing wuluh mengandung tanin, asam format, glukosa, oksalat, kalsium, saponin, kalium sitrat, dan sulfur. Selain itu belimbing wuluh yang bersifat anti-jamur juga ampuh mengatasi panu. Moms perlu siapkan 1 buah belimbing wuluh, potong menjadi 4 bagian, usapkan pada area yang terkena panu, diamkan selama 5 menit hingga mengering.  

Belimbing Wuluh

Minyak Zaitun

Minyak zaitun tidak hanya digunakan untuk menjaga kesehatan rambut, tetapi juga baik untuk kesehatan kulit seperti mengecilkan pori-pori maupun mengencangkan kulit. Masalah kulit seperti panu bisa juga diatasi dengan minyak zaitun. Minyak zaitun bisa moms campurkan dengan madu, lalu oleskan pada panu. Cara tersebut bisa dilakukan sehari 3 kali, ya, moms.

Minyak Zaitun

Minyak Oregano

Minyak ini berasal dari tumbuhan oregano sehingga disebut minyak oregano. Minyak oregano sendiri mengandung senyawa carvacrol yang bermanfaat membasmi jamur, bakteri, virus, dan meredakan alergi sehingga dapat mengatasi masalah panu.

Minyak Oregano

Cuka Apel

Zat anti-mikroba yang terkandung di dalam cuka apel bisa menghambat pertumbuhan jamur yang menyebabkan panu. Cara menggunakannya cukup oleskan cuka apel di area panu dengan menggunakan kapas. Kemudian diamkan selama 15 menit, dan bilas dengan air hangat.

Cuka Apel