Bunga Dandelion
Dandelion sendiri pertama kali ditemukan di wilayah Eropa dan Amerika bagian Utara. Namanya diambil dari Bahasa Prancis, yang memiliki arti gigi singa. Namun di Indonesia sendiri bunga ini lebih dikenal dengan nama Randa Tapak. 

Secantik Bunganya, Ini Ragam Manfaat Dandelion Untuk Kesehatan dan Kecantikan
source: https://hellosehat.com/herbal/bunga-dandelion/amp/

Bunga yang memiliki nama ilmiah Taraxacum officinale ini, banyak digunakan masyarakat Eropa sebagai bahan pengobatan herbal berkat vitamin A, D, E, C, B kompleks, serta beberapa zat bermanfaat lain yang terkandung di dalamnya. Dan berikut ini manfaat bagi kecantikan dan kesehatan yang bisa Moms dapatkan dari bunga dandelion.

Manfaat dandelion bagi kecantikan dan kesehatan

1. Menjaga kelembapan kulit

Apa Moms menggunakan skincare dengan kandungan dandelion? Maka itu tak heran jika kulit akan senantiasa terjaga kelembapan dan hidrasinya. Hal ini karena dandelion mengandung berbagai mineral yang menyimpan berbagai manfaat kecantikan, salah satunya untuk membantu memberikan hidrasi pada kulit. Selain itu, beberapa kandungan mineral yang ada dalam bunga ini juga dapat memperbaiki kerusakan yang terjadi pada jaringan tipis di kulit lho, Moms.

Secantik Bunganya, Ini Ragam Manfaat Dandelion Untuk Kesehatan dan Kecantikan
source: https://m.merdeka.com/amp/gaya/6-tips-untuk-menjaga-kecantikan-wajah-di-malam-hari.html

2. Mencegah dan mengurangi jerawat di wajah

Salah satu penyebab timbulnya jerawat adalah karena terpapar polusi dan meningkatnya jumlah racun di dalam tubuh. Menurut studi yang dilakukan oleh University of Maryland, rutin minum teh bunga dandelion dapat membantu mengeluarkan racun-racun dari dalam tubuh. Hal ini dikarenakan, dandelion memiliki kandungan fitronutrien yang berfungsi untuk membantu tubuh dalam mengeluarkan tumpukan racun melalui sistem pencernaan.

baca juga

3. Memperbaiki sistem pencernaan

Jika Moms memiliki masalah pada pencernaan, tak ada salahnya mencoba bunga dandelion ini. Kandungan serat inulin di dalam dandelion mendukung perkembangan prebiotik.

Prebiotik sendiri sangat baik tumbuh di dalam perut karena bakteri-bakteri baik bisa mengurai makanan dan meningkatkan kontraksi lambung ke usus kecil. Kontraksi tersebut bisa mempercepat pengosongan lambung sehingga pencernaan lebih cepat terjadi.

Hal tersebut juga bisa meningkatkan gerakan peristaltik usus sehingga bisa mengatasi masalah sulit buang air besar atau konstipasi. Jadi, jika Moms memiliki masalah sembelit atau susah BAB maka gunakanlah dandelion untuk mengatasinya.

Secantik Bunganya, Ini Ragam Manfaat Dandelion Untuk Kesehatan dan Kecantikan
source: https://hellosehat.com/pusat-kesehatan/sembelit-konstipasi/8-tips-sistem-pencernaan-lebih-baik/amp/

4. Menurukan kadar lipid dalam darah

Kondisi kesehatan tubuh cukup dipengaruhi oleh kadar lipid di dalam darah. Tingginya kadar lipid seperti trigliserida dan kolesterol LDL di dalam darah bisa menurunkan derajat kesehatan tubuh.

Namun, kali ini Moms tidak perlu khawatir karena manfaat dandelion bisa mengatasi masalah ini. Dandelion bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol LDL dan trigliserida secara efektif. Penurunan kadar lipid darah ini pun bisa menurunkan risiko penyakit jantung.

5. Merangsang produksi kolagen

Dandelion kaya akan anti oksidan, bunga ini juga memiliki kemampuan untuk merangsang produksi kolagen pada kulit berkat kandungan Vitamin C dan E yang dimilikinya. Selain itu, kandungan ini juga diketahui sangat bermanfaat untuk mencegah efek buruk dari radikal bebas yang mengakibatkan timbulnya tanda-tanda penuaan dini.

Secantik Bunganya, Ini Ragam Manfaat Dandelion Untuk Kesehatan dan Kecantikan
source: https://amp.suara.com/lifestyle/2017/09/20/134659/bukan-lewat-pil-ini-cara-terbaik-merangsang-produksi-kolagen

6. Mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh

Memilikii gula darah normal penting bagi kesehatan tubuh. Kadar gula darah tinggi atau rendah sama-sama tidak baik. Keduanya adalah kadar gula darah yang bisa berdampak negatif bagi kesehatan tubuh. Penggunaan dandelion bisa mencegah terjadinya kadar gula tinggi atau rendah.

Kandungan asam cikorir dan klorogenat di dalam dandelion merupakan senyama bioaktif. Kedua senyawa tersebut secara efektif bisa mengurangi kadar gula darah. Penurunan kadar gula darah ini terjadi dengan didahului oleh peningkatan sekresi insulin.

Peningkatan sekresi insulin tersebut akan meningkatkan penyerapan glukosa (gula) yang ada di dalam jaringan. Penyerapan glukosa di dalam darah pun secara otomatis memengaruhi penurunan kadar gula darah.

baca juga

7. Menurunkan tekanan darah

Tidak hanya berguna menurunkan kadar kolesterol dan gula darah saja, dandelion ternyata juga berfungsi untuk Moms yang menderita hipertensi. 

Kandungan potasium dan kalium pada dandelion yang memiliki sifat diuretik bisa melakukan detoksifikasi tubuh. Proses detoksifikasi tubuh dari segala jenis racun dan cairan berlebih ternyata berdampak pada penurunan tekanan darah.

Secantik Bunganya, Ini Ragam Manfaat Dandelion Untuk Kesehatan dan Kecantikan
source: https://m.liputan6.com/health/read/2955357/siapa-paling-berisiko-derita-hipertensi-pria-atau-wanita

Nah Moms, ternyata di balik si kecil cantik ini menyimpan beragam manfaat bagi tubuh kita ya. Semoga informasi ini bermanfaat.