Jelaskan Arti Uang

Sebelum mengajarkan si kecil menabung, Moms harus menjelaskan terlebih dahulu apa itu arti uang pada si kecil. Awalnya, Moms bisa menjelaskan bahwa uang adalah alat tukar dan alat membayar. Jelaskan pada si kecil bahwa ketika ingin membeli sesuatu, maka dia membutuhkan lembaran kertas bernama uang untuk ditukar dengan barang yang ingin dibeli.

Jelaskan Arti Uang
source: https://hellosehat.com/

Nah, ketika si kecil sudah mengerti apa itu uang, barulah Moms bisa menjelaskan apa itu menabung. Katakan pada si kecil bahwa untuk bisa membeli apa yang diinginkan, maka uang yang dimiliki harus ditabung terlebih dahulu sampai cukup jumlahnya. Intinya adalah si kecil harus mengumpulkan dan menyimpan  uang sedikit demi sedikit. Ketika uang sudah cukup terkumpul, barulah keinginannya bisa tercapai.

Menabung Sambil Bermain

Semua anak-anak suka bermain. Maka tidak ada salahnya jika Moms mengajarkan si kecil menabung sambil bermain. Misalnya saja, Moms dan si kecil bermain peran, Moms sebagai penjual dan si kecil sebagai pembeli dengan menggunakan uang mainan. Coba berikan kembalian uang pada anak. Kemudian katakan pada si kecil bahwa kembalian uang dari membeli sesuatu itu harus ditabung. Lakukan 3 sampai 4 kali transaksi jual beli dengan kembalian yang harus anak tabung.

Menabung Sambil Bermain
source: https://lifestyle.bisnis.com/
baca juga

Gunakan Celengan

Cara paling sederhana untuk menabung adalah dengan menggunakan celengan. Untuk itu ajarkan cara sederhana ini pada anak. Moms bisa menggunakan celengan dengan bentuk lucu atau bisa dengan karakter mainan favorit kesukaannya untuk menabung uang koin. Pilih bahan yang tidak mudah pecah ya, Moms. Agar ketika tidak sengaja tersenggol, celengan si kecil tidak pecah dan tidak melukai si kecil. Selain itu, pilih juga celengan tanpa kunci. Jadi si kecil tidak akan tergoda untuk membukanya.

Gunakan Celengan
source: https://www.ibudanbalita.com/

Jangan Berikan Apa yang Diinginkan Anak

Ketika anak menginginkan sesuatu sebaiknya Moms tidak langsung memberikannya begitu saja. Ajak si kecil untuk menabung sedikit demi sedikit menggunakan celengan. Setelah uang terkumpul, baru ajak si kecil untuk membeli barang yang dia inginkan. Dengan begitu, si kecil akan terbiasa berusaha menabung untuk apa saja yang dia inginkan.

Jangan Berikan Apa yang Diinginkan Anak
source: https://mommiesdaily.com/

Nah Moms, itu tadi tips mengajarkan anak menabung sejak dini. Semoga informasi ini bermanfaat, Moms.