Mengatasi anak yang malas mandi

Menghadapi anak yang susah mandi memang tidak mudah. Si kecil butuh waktu untuk menyesuaikan diri sehingga Moms harus lebih bersabar dan jangan paksa anak untuk mandi. Ini malah akan membuat anak semakin ogah mandi.

Berikut ini tips yang Moms gunakan untuk menghadapi anak yang malas mandi:

Si Kecil Malas Mandi? Tak Perlu Tarik Urat, Coba 6 Tips Jitu Menyiasatinya
source: http://adgnews24.com/2019/06/25/wah-ini-dia-cara-mengatasi-anak-susah-mandi/

1. Ketahui penyebab mereka malas mandi

Ada beberapa faktor atau penyebab anak menjadi susah mandi, misalkan matanya pernah kemasukan shampo sehingga menjadi perih. Hal inilah yang harus Moms cari tahu. Ingatan terhadap rasa sakit dan tidak nyaman ini bisa membekas dan membuat anak enggan untuk mandi.

Moms bisa menanyakan langsung pada si kecil. Bila sudah mengetahui penyebabnya, Moms akan lebih mudah untuk mengatasi anak supaya mau mandi.

2. Buat si kecil yakin jika mandi itu untuk menjaga kebersihan dan bisa dengan cara yang aman

Bila memang alasan anak malas mandi karena takut matanya kemasukan sampo, Moms bisa mencontohkan bagaimana caranya membersihkan rambut yang benar agar tidak kejadian lagi. Misalnya dengan mendudukan anak di kursi sementara ia menengadahkan kepalanya ke belakang selagi Moms membilas busa samponya.

Dengan begitu shampo tidak akan mengalir ke matanya, sehingga ia tidak akan merasa perih lagi. Yakinkan juga pada anak, bahwa mandi adalah salah satu upaya menjaga kebersihan diri agar terhindar dari kuman-kuman yang menempel pada tubuhnya.

Si Kecil Malas Mandi? Tak Perlu Tarik Urat, Coba 6 Tips Jitu Menyiasatinya
source: https://www.alodokter.com/bunda-begini-cara-menjaga-kesehatan-rambut-dan-kulit-kepala-si-kecil

3. Mengajaknya bermain air

Biasanya anak akan tertarik jika mengerjakan sesuatu sambil bermain. Untuk itu cobalah mengajaknya untuk mandi sambil bermain air, seperti membuat gelembung atau busa dari sabun, atau bermain dengan pistol air. Namun, selalu untuk mengingatkan si kecil untuk tidak mengarahkannya ke mata dan pilihlah pistol air yang kekuatan airnya tidak terlalu tinggi.

baca juga

4. Memperbolehkan si kecil membawa mainan

Untuk menarik perhatiannya supaya mau mandi, Moms bisa menawarkan padanya untuk membawa mainan ikut serta ke dalam kamar mandi. Bola-bola karet, bebek-bebekkan, mangkok mainan plastik bisa menjadi pilihan mainan yang dibawa. Biasanya si kecil akan tertarik dan membuat suasana mandi menjadi semakin menyenangkan.

Si Kecil Malas Mandi? Tak Perlu Tarik Urat, Coba 6 Tips Jitu Menyiasatinya
source: https://www.popmama.com/amp/kid/1-3-years-old/dianarthasalina/mainan-untuk-aktivitas-mandi-anak-makin-seru

5. Ikut mandi bersama anak

Cara selanjutnya Moms bisa juga ikut mandi bersama si kecil. Dengan mandi bersama, Moms bisa menciptakan suasana yang riang gembira sambil mandi, seperti bernyanyi bersama atau membiarkan si kecil bercerita tentang hal apa saja. Ini juga akan semakin mempererat bonding antara Moms dan si kecil.

Moms juga bisa mengajari si kecil bagaimana cara membersihkan diri. Jangan lupa jelaskan produk perawatan apa saja yang digunakan secara sederhana, agar si kecil mengerti kenapa ia harus menggunakan produk tersebut. Ini juga akan membantu Moms memantau kemandirian si kecil untuk membersihkan dirinya.

6. Membolehkan si kecil memilih perlengkapan mandinya sendiri

Agar si kecil semakin antusias, ajak mereka untuk membeli sabun, sampo, sikat gigi ataupun handuk sesuai keinginannya sendiri, seperti yang ada gambar kartun favorit mereka. Ini akan membuat si kecil lebih termotivasi untuk mandi. Namun ingat, pilih yang aman untuk kulit sensitif anak ya Moms, supaya tidak menyebabkan iritasi dan malah membuatnya kapok untuk mandi lagi.

Si Kecil Malas Mandi? Tak Perlu Tarik Urat, Coba 6 Tips Jitu Menyiasatinya
source: https://www.lazada.co.id/products/hello-kitty-set-keranjang-perlengkapan-mandi-i541922463-s749508555.html

7. Memberikan reward atas kemauannya untuk mandi

​​Tak ada salahnya Moms memberikan hadiah untuk si kecil jika ia sudah mau mandi 2-3hari berturut-turut tanpa ada 'drama'. Untuk hadiahnya sendiri pun tak perlu yang mahal Moms. Seperti mengajaknya jalan sore menikmati permainan, ke tempat wisata edukatif ataupun sekedar memberikan kue-kue favorit si kecil.

Nah, tips-tips berikut tadi bisa Moms terapkan pada si kecil yang susah mandi tanpa harus memarahinya. Semoga bermanfaat ya, Moms!