Peran ibu dan Ayah memang tak bisa tergantikan. Bukan rahasia lagi bahwa hubungan baik antara orang tua dan anak berdampak pada tumbuh kembangnya. Terutama pada kehidupan sosial dan emosionalnya. Namun ada juga sosok yang berdampak baik pada kehidupan anak-anak Anda lho moms.

Sayangnya jarang diakui. Mereka adalah Kakek dan Nenek. Hubungan baik antara cucu, kakek serta nenek juga berperan penting pada perkembangannya. Berikut dampak positif atas kehadiran Kakek dan Nenek untuk tumbuh kembang anak:

Anak Memiliki Rasa Percaya Diri Di Lingkungan Sosial

Anak yang tumbuh dengan mendapatkan kasih sayang dari Kakek dan Nenek memiliki rasa percaya diri lebih tinggi. Terutama saat di lingkungan sosial. Mereka umumnya lebih mudah membina hubungan baik dengan orang-orang sekitarnya. Perspektif hubungan baik yang ada dalam diri anak terbentuk atas interaksi positif yang dibangun dari setiap kebersamaannya dengan kakek neneknya. Ini akan terlihat secara jelas saat anak tumbuh dewasa dan terjun di masyarakat.

Anak Memiliki Rasa Percaya Diri Di Lingkungan Sosial
baca juga

Anak Tidak Mudah Depresi

Moms, hubungan antara cucu ,Kakek dan Nenek berdampak besar untuk si kecil. Salah satunya untuk psikologisnya. Kehadiran keduanya mampu menghilangkan kemungkinan depresi yang mungkin akan dirasakan si kecil. Khususnya depresi yang terjadi saat hubungan ayah dan ibunya tidak harmonis.  Anak yang kerap menghabiskan waktu bersama orang tua Anda akan merasa lebih aman. Si kecil kelak juga dapat tumbuh menjadi anak yang lebih kuat dan tidak mudah menyerah.

Hal ini karena dia merasa ada banyak telinga yang siap mendengarkan keluh kesahnya. Hubungan ini juga berdampak baik pada kesehatan Kakek dan Nenek. Sebuah penelitian dari American Grandparents Association 72% kakek-nenek berpendapat menjadi kakek nenek adalah satu-satunya hal yang paling penting dan memuaskan dalam hidup mereka. Tak heran mereka lebih memiliki umur panjang. 

Anak Tidak Mudah Depresi

Anak Memiliki Kecerdasan Emosional Lebih Tinggi

Sebuah studi yang dihasilkan oleh Pace University menyatakan bahwa anak yang memiliki waktu banyak dengan Kakek dan Neneknya memiliki kecerdasan emosional lebih tinggi dari anak lainnya.  Kecerdasan emosional merupakan kemampuan seseorang untuk menerima, menilai, mengelola, serta mengontrol emosi dirinya dan orang lain di sekitarnya. Kecerdasan emosional atau EQ juga berperan penting untuk menumbuhkan rasa sabar, empati dan sikap baik pada diri si kecil.

Anak Memiliki Kecerdasan Emosional Lebih Tinggi
baca juga

Keberadaan Kakek Nenek Berpengaruh Pada Kehidupan Spiritual Anak

Kebiasaan kakek dan nenek dalam kehidupan spiritual mereka akan mudah diserap anak. Umumnya orang tua atau mertua Anda tak hanya bermain bersama si kecil. Namun juga melibatkan dalam setiap kegiatan spiritual mereka. Seperti misalnya melibatkan anak dalam rutinitas ke rumah ibadah dan acara-acara spiritual yang mereka ikuti.

Contohnya jika muslim Kakek atau Nenek tentu tak akan ragu membawa pada acara majelis ta'lim. Atau rutin membawa sang cucu ke gereja di setiap hari minggu bagi yang beragama kristen. Semua hal ini akan sangat berpengaruh pada kehidupan spiritual anak saat besar nanti.

Keberadaan Kakek Nenek Berpengaruh Pada Kehidupan Spiritual Anak

Memiliki Performa Bagus Di Sekolah

Perhatian penuh dari moms, ayah serta kakek neneknya membuat anak akan lebih fokus di sekolah. Mereka cenderung lebih aktif di setiap kegiatan positif. Sehingga anak akan memiliki peluang lebih sedikit bermasalah di sekolah. Performanya yang cukup baik tentu membuat Anak moms akan mudah berprestasi. Baik di bidang akademis maupun kegiatan sekolah lainnya. Biasanya tak jauh-jauh dari yang berbau seni.

Memiliki Performa Bagus Di Sekolah