Bayi tersebut meninggal di RS Ar Rasyid Palembang, pada hari Minggu (15/9/2019) malam. Pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuasin telah menurunkan tim khusus untuk mengecek secara langsung di rumah sakit Ar Rasyid Kota Palembang, tempat dimana korban dirawat sebelum meninggal dunia. 

"Kita dapat info dan langsung kita terjunkan tim kesana. Pastinya kita turut berduka cita," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuasin Mgs Hakim.

Pihak hakim juga mengatakan, sehubungan dengan kondisi darurat kabut asap asap tebal yang tengah terjadi, pihaknya sudah menghimbau dan melakukan sosialisasi akan bahaya kabut asap tersebut. Selain sosialisasi, mereka juga membagikan masker secara gratis pada masyarakat. Penyaluran masker gratis ini dilakukan melalui Puskesmas dan secara langsung kepada warga. 

Bayi Meninggal Dunia Karena Kabut Asap, Waspada Bahayanya Untuk Anak-anak
source: https://www.inews.id

"Keadaan asap tebal ini jangan keluar rumah kalau tidak penting, dan sebaiknya memakai masker. Pihak kita Dinas Kesehatan dan perangkat siap 24 jam untuk layani masyarakat," jelasnya. 

Salah satu kerabat mengatakan jika ketika korban dibawa ke rumah sakit, ia belum sempat didiagnosa jenis penyakit apa yang menyerang tubuhnya. Namun pihak rumah sakit sempat mengatakan jika kemungkinan ada gangguan di bagian kepalanya. Gangguan tersebut bisa berupa bakteri dan bayi tersebut akan dirujuk ke Rumah Sakit Muhammad Hoesin (RSMH) Palembang. Sayang, belum sempat dirujuk bayi malang tersebut sudah terlanjur meninggal. 

Bayi Meninggal Dunia Karena Kabut Asap, Waspada Bahayanya Untuk Anak-anak
source: https://www.detik.net.id
baca juga

Bahaya kabut asap bagi anak-anak

Karbon yang dihasilkan kebakaran hutan kemudian bersenyawa dengan oksigen dapat menimbulkan polusi udara yang sangat membahayakn tubuh. Udara yang penuh dengan zat karbon akan mengendap pada saluran nafas sehingga menyebabkan Infeksi Saluran Napas Akut (ISPA).

Gejala ISPA dimulai dari hidung ke rongga mulut, berlanjut ke bagian tenggorokan hingga paru-paru. Selain penyakit paru-paru, bahaya lain kabut asap pada anak-anak dapat menyebabkan gangguan kecerdasan terutama untuk anak-anak usia di bawah enam tahun. 

Bayi Meninggal Dunia Karena Kabut Asap, Waspada Bahayanya Untuk Anak-anak
source: http://www.myhealthbeijing.com