Masalah kulit memang menjadi masalah penting yang harus segera diatasi, moms. Berbagai masalah kulit seperti komedo, jerawat, kulit berminyak, kulit kering, munculnya kerutan, hingga kulit menipis. Dibandingkan masalah kulit lainnya, kulit menipis jarang disadari. Ada berbagai faktor yang menyebabkan kulit menipis, seperti terlalu sering melakukan peeling dan penggunaan salep atau krim tertentu.

Tanda Kulit Menipis

Moms perlu mengetahui tanda kulit menipis agar bisa melakukan pengawasan yang tepat untuk kulit. Kulit tipis cenderung sensitive jika terpapar langsung sinar matahari akan bereaksi seperti merasakan perih atau panas seperti terbakar. Kemudian pada suhu dingin, kulit akan merasakan gatal-gatal. Ciri lainnya yakni kulit akan terlihat bersisik dan kering pada siang hari. Selain itu muncul flek hitam, wajah kemerahan, jerawat, perubahan warna kulit, hingga pengelupasan kulit.

Tanda Kulit Menipis
baca juga

Cara Mengatasi Kulit Menipis

Mengonsumsi Asupan Bernutrisi Baik

Makanan yang dikonsumsi tidak hanya berpengaruh pada kesehatan tubuh tetapi juga kesehatan kulit. Jika makanan yang dikonsumsi tidak mengandung gizi, kemungkinan akan berdampak buruk pada kulit seperti timbul jerawat dan wajah kusam.

Mengonsumsi Asupan Bernutrisi Baik
baca juga

Olahraga

Setelah mengonsumsi makanan yang mengandung gizi lebih, imbangi juga dengan olahraga. Tentu olahraga ada hubungannya dengan mengatasi kulit tipis. Olahraga akan mendistribusi nutrisi yang ada di dalam tubuh dengan lancar, sehingga kebutuhan nutrisi untuk kulit akan tersalurkan dengan baik dan membuat kulit kencang sekaligus tebal. Dengan olahraga pula dapat meningkatkan sirkulasi sehingga baik untuk kesehatan dan kecantikan.

Olahraga

Selalu Menjaga Kelembapan Kulit

Jagalah selalu kelembapan kulit dengan rutin mengonsumsi air mineral 2 liter sehari. Pastikan jangan sampai moms dehidrasi terlebih dalam kondisi kulit yang tipis dan kering. Asupan cairan atau mineral untuk tubuh harus selalu dijaga. Selain air mineral, konsumsi makanan yang tinggi mineral seperti  sayuran hijau, ikan, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Selalu Menjaga Kelembapan Kulit

Mengurangi Pemakaian Kosmetik

Pemakaian kosmetik yang tebal bisa memperparah kondisi kulit yang sedang menipis. Terlebih jika kosmetik yang digunakan mengandung merkuri. Maka dari itu, sebaiknya jauhkan kulit dari penggunaan kosmetik hingga kondisi kulit kembali normal, sekaligus cek kandungan kosmetik apakah mengandung merkuri atau tidak.

Mengurangi Pemakaian Kosmetik

Perawatan dengan Bahan Alami

Sebaiknya moms harus menghentikan sejenak perawatan kulit yang mengandung bahan kimia, dan beralih ke perawatan kulit dengan bahan alami. Beberapa bahan alami yang bisa dijadikan masker wajah dan dapat menebalkan kulit antara lain madu, lidah buaya, air mawar, pepaya, alpukat, kunyit, minyak zaitun, dan yogurt. Jika ingin menggunakan produk perawatan, pastikan gunakan produk yang mengandung vitamin C karena kandungan tersebut akan membantu menambah kolagen, membersihkan sel-sel kulit mati, menebalkan dan mengencangkan kulit.

Perawatan dengan Bahan Alami