Saat ini masker tidak hanya dilakukan untuk wajah, tetapi bisa juga masker rambut. Perawatan masker rambut dilakukan untuk menjaga kesehatan rambut agar rambut tetap lembap, kuat, halus, dan bebas dari ketombe. Masker rambut sekarang pun tidak hanya bisa dilakukan di salon, tetapi di rumah dengan menggunakan masker rambut dari bahan alami.

Pisang

Pisang mengandung vitamin A dan C yang membuat rambut lembut dan tidak kering sehingga mudah diatur. Masalah rambut kering, rontok maupun rusak bisa diatasi dengan masker rambut alami ini.

Cara membuat:
Siapkan 2 buah pisang, 1 sdm minyak zaitun, dan 1 sdm minyak kelapa. Campur semua bahan menjadi satu, lalu balurkan ke seluruh rambut dan kulit kepala sambil memijat lembut kepala selama 5 menit, diamkan selama 15 menit, terakhir bilas rambut hingga bersih.

Pisang
baca juga

Strawberry

Strawberry mengandung magnesium, omega-3, vitamin C dan E. Kandungan tersebut tentu bermanfaat bagi kesehatan rambut. Vitamin C pada strawberry dapat membantu mengatasi masalah rambut bercabang, rontok, dan patah. Jika dijadikan masker, kulit kepala akan bebas dari ketombe, menyeimbangkan PH kulit kepala, melembabkan rambut dan berkilau.

Cara membuat:
Siapkan 5 buah strawberry, 1 sdm minyak kelapa, dan 1 sdm madu. Oleskan bahan untuk masker tersebut ke seluruh area rambut dan kepala, diamkan selama 15 menit, terakhir bilas rambut dengan bersih.

Strawberry

Alpukat

Masker alpukat memiliki manfaat yang bagus untuk rambut seperti menghaluskan, menebalkan, mengatasi masalah rambut kering dan kusam.

Cara membuat:
Siapkan 1 buah alpukat, 1 sdt minyak zaitun, dan ½ cangkir susu. Balurkan ke seluruh kepala semua bahan tersebut, diamkan selama 15 menit, kemudian bilas rambut.

Alpukat
baca juga

Oatmeal

Oatmeal bukan hanya bisa digunakan untuk masker dan scrub wajah, tetapi juga bisa untuk perawatan rambut dengan menjadikannya masker rambut. Oatmeal bermanfaat mengatasi masalah kulit kepala seperti ketombe dan mengatasi kulit kepala gatal. Oatmeal mengandung vitamin B yang menjadi moisturizer alami yang dapat melembabkan rambut, sehingga rambut tidak lagi patah dan bercabang.

Cara membuat:
Ambil 1 sdt oatmeal, 1 sdt minyak zaitun, dan 1 sdt susu segar. Campurkan semua bahan alami tersebut, lalu aplikasikan ke rambut dan diamkan selama 20 menit. Setelah itu, bilas rambut hingga bersih.  

Oatmeal

Kuning Telur

Kuning telur tentu mengandung banyak nutrisi. Kandungan zat besi, biotin, folat, vitamin A dan E mampu mengatasi masalah rambut rusak seperti rambut kering, bercabang, dan rontok. Dengan menggunakan masker rambut dari kuning telur, akar rambut akan jauh lebih kuat. Selain itu, kuning telur membantu mengurangi ketombe dan melembabkan rambut.

Cara membuat:
Campurkan 1 butir kuning telur yang telah dipisahkan dari putihnya, secangkir susu, 1 sdm perasan jeruk lemon dan 1 sdm minyak zaitun. Aplikasikan semua bahan yang sudah tercampur ke seluruh rambut hingga kulit kepala. Diamkan selama 15-20 menit, lalu bilas hingga bersih.

Kuning Telur

Yogurt

Sama halnya dengan bahan alami yang lain, yogurt berkhasiat menghilangkan ketombe, mengilaukan, menghaluskan, serta mencegah rambut bercabang.

Cara membuat:
Siapkan ½ cangkir yogurt tawar, dan aplikasikan ke seluruh rambut hingga kulit kepala. Diamkan selama 15-20 menit, lalu bilas rambut.

Yogurt

Minyak Kelapa

Tidak hanya rambut, kulit kepala juga akan lembab dengan bantua masker minyak kelapa yang mengandung asam laurat. Masalah rambut kering bisa diatasi dengan minyak kelapa. Namun, pastikan minyak kelapa yang digunakan harus asli, moms.

Cara membuat:
Campurkan  2-3 sdm minyak kelapa dan 1-2 sdm minyak zaitun. Balurkan bahan alami tersebut ke seluruh rambut dan kulit kepala. Tutup kepala dengan shower cap, dan diamkan selama 15-20 menit. Terakhir bilas rambut hingga bersih. Lakukan masker alami ini sebelum keramas, ya, moms.

Minyak Kelapa