Memilih asupan yang baik untuk otak sangat penting, moms. Makanan yang dikonsumsi tentu akan berpengaruh pada kinerja otak. Ada beberapa makanan yang mampu meningkatkan kinerja otak atau memori seperti buah beri, kacang-kacangan, alpukat, dan brokoli. Di samping itu, ada asupan yang juga bisa mempengaruhi kinerja otak menjadi lambat. Apa saja sih moms? Ini dia deretan makanan yang bisa menghambat kinerja otak yang harus dihindari.

Makanan Cepat Saji

Seperti yang diketahui makanan cepat saji tidak memiliki nilai gizi yang baik untuk kesehatan, bahkan makanan cepat saji bisa berdampak buruk pada kesehatan tubuh dan menyebabkan timbulnya berbagai penyakit seperti jantung, stress, diabetes, termasuk dapat menghambat kinerja otak. Makanan cepat saji jika memiliki dampak dalam jangka panjang bisa menimbulkan rasa cemas berlebih jika sering dikonsumsi, hingga menyebabkan penyakit Alzheimer.

Makanan Cepat Saji
baca juga

Gorengan

Jumlah lemak dan kalori yang tinggi pada gorengan bisa menyebabkan terkenanya radang otak sehingga kinerja otak pun jadi terhambat, lebih parahnya lagi ingatan menjadi hilang. Makanan yang digoreng akan kehilangan kadar air dan menyerap lemak lebih banyak dari minyak yang digunakan. Apalagi jika makanan yang digoreng daam suhu tinggi akan mengandung banyak lemak trans dan yang mengonsumsi rentan terkena penyakit obesitas, diabetes, jantung, dan kanker.

Gorengan

Makanan Tinggi Kandungan Garam

Faktanya seseorang harus mengurangi makanan yang mengandung garam terlalu tinggi karena bisa menyebabkan otak tumpul alias tidak berkerja dengan baik. Beberapa penyakit yang timbul karena terlalu banyak mengonsumsi garam juga akan berpengaruh pada otak. Makanan tinggi garam juga meningkatkan risiko tekanan darah tinggi dan penyakit kardiovaskular, fungsi kognitif seseorang pun bisa terganggu.

Makanan Tinggi Kandungan Garam
baca juga

Makanan Tinggi Kandungan Gula

Makanan manis yang tinggi gula kebanyakan disukai anak-anak. Mulai sekarang moms harus kurangi asupan makanan tinggi gula untuk anak karena bisa memicu berbagai penyakit seperti obesitas dan menurunnya kemampuan kognitif.  Insulin tidak mampu mengolah gula di dalam tubuh jika terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung gula tinggi, dan hal tersebut bisa menghambat kinerja otak hingga berpengaruh terhadap suasana hati. Dengan makanan manis, bisa memicu depresi dan risiko terserang Alzheimer jadi meningkat.  

Makanan Tinggi Kandungan Gula

Makanan Olahan

Makanan olahan mengandung pengawet dan zat-zat yang tidak baik bagi kesehatan otak. Selain itu, makanan olahan bisa berpengaruh buruk pada fungsi kognitif karena mengandung zat aditif, pewarna dan perasa buatan.

Makanan Olahan

Alkohol

Salah satu penyebab kinerja otak menurun yakni karena mengonsumsi alkohol secara berlebihan. Otak pun akan mengalami gangguan neurotransmitter, serta memicu kelainan pada struktur dan fungsi otak. Tak hanya itu, struktur kimia otak dan mood seseorang akan terganggu.  

Alkohol