Salah satu kekhawatiran yang sering timbul ketika sedang menstruasi adalah merembesnya darah ke celana atau sprei. Selain berdampak malu bila dilihat oleh orang lain, darah menstruasi yang merembes ke sprei atau pakaian juga cenderung susah dibersihkan. Apalagi kebanyakan orang menyadari bahwa ada rembesan pada pakaiannya setelah darah tersebut kering. Sehingga rembesan darah jadi semakin susah untuk dihilangkan. Tapi kini moms tidak perlu khawatir lagi, dengan beberapa tips ini rembesan darah di sprei maupun pakaian akan lebih mudah dibersihkan.

Menggosoknya dengan Sabun Batang

Terkadang hanya dengan menggunakan detergen tak cukup untuk menghilangkan noda membandel seperti rembesan darah menstruasi. Cara lain yang bisa moms coba yaitu dengan menggosokkan sabun batang pada noda. Gosokkan sabun batang pada bagian yang terkena noda darah hingga muncul busa pekat, diamkan sebentar kemudian kucek kembali hingga noda hilang. 

Menggosoknya dengan Sabun Batang
baca juga

Taburi Garam

Darah menstruasi yang rembes sering kali terjadi di saat yang tak terduga. Untuk mengantisipasi hal tersebut, moms bisa selalu membawa garam meja atau garam halus untuk berjaga-jaga. Garam akan berguna saat tiba-tiba pakaian moms terkena noda darah, segera menaburkan garam lalu menggosok pakaian yang terkena noda darah menstruasi akan menghindarkan moms dari noda yang membekas.  

Taburi Garam

Kucek dengan Larutan Baking Soda

Baking soda memang dikenal ampuh untuk menghilangkan segala jenis noda, termasuk noda darah menstruasi pada celana dan sprei. Caranya sangat mudah, cukup larutkan baking soda dengan air hingga menjadi pasta, lalu oleskan pasta tersebut pada bagian yang terkena noda darah. Kucek perlahan lalu bilas dengan air hingga bersih.   

Kucek dengan Larutan Baking Soda
baca juga

Rendam dengan Air Hangat

Jika noda darah yang kering dan membandel tak juga luruh dengan direndam air dingin, moms bisa mencoba untuk merendamnya menggunakan air hangat. Tapi ingat, yang digunakan adalah air dengan suhu yang hangat-hangat kuku. Air yang terlalu panas justru bisa merusak serat kain pada pakaian atau sprei yang terkena.

Rendam dengan Air Hangat

Sikat dengan Shampoo

Tak hanya efektif hilangkan minyak dan kotoran di kulit kepala, ternyata shampoo juga ampuh hilangkan noda darah menstruasi pada pakaian dan sprei. Cukup sikat lembut bagian pakaian atau sprei yang terkena rembesan darah dengan shampoo hingga noda hilang, kemudian bilas dengan air bersih.

Sikat dengan Shampoo

Rendam dengan Larutan Garam dan Sabun Pencuci Piring

Terakhir, campuran garam dan sabun pencuci piring adalah bahan yang bisa moms andalkan untuk menghilangkan noda darah menstruasi yang membandel. Dengan merendam celana atau sprei yang terkena rembesan darah menstruasi menggunakan campuran 2 sendok makan garam dan 1 sendok makan sabun pencuci piring, maka moms akan kembali mendapatkan pakaian yang bersih bebas noda.

Rendam dengan Larutan Garam dan Sabun Pencuci Piring