Saat moms berbadan dua tentu banyak yang dipertanyakan. Terkait posisi yang boleh atau tidak boleh dilakukan ibu hamil. Salah satunya yang mungkin sempat membuat moms resah adalah posisi jongkok. Terlebih saat perut mulai membesar. Posisi ini membuat moms agak khawatir karena perut seolah tertekan saat melakukannya.

Di sisi lain posisi jongkok mungkin sudah menjadi kebiasaan, terutama jika toilet yang Anda gunakan di rumah adalah toilet jongkok. Namun moms tak perlu khawatir karena posisi jongkok nyatanya boleh dilakukan. Bahkan ada segudang manfaat yang bisa moms dapatkan atas posisi tersebut, seperti berikut ini.

Jongkok Bisa Jadi Posisi Saat Persalinan Normal

Posisi jongkok ternyata mampu membuat persalinan normal lebih lancar moms. Bahkan posisi jongkok juga direkomendasikan sebagai posisi saat moms menjalani proses persalinan. Sebab posisi ini membuat rahim dan panggul miring ke arah depan. Sehingga memudahkan bayi masuk ke jalan lahir. Dapat membuka melebarkan diameter panggul sekitar 20-30 persen lebih lebar, jongkok dapat menurunkan resiko pembukaan macet atau bahkan robekan pada pirenium moms.

Jongkok Bisa Jadi Posisi Saat Persalinan Normal
baca juga

Jongkok Bisa Jadi Pilihan Olahraga Jelang Persalinan

Salah satu jenis olahraga dengan memanfaatkan posisi jongkok lalu berdiri disebut juga squat. Gerakan ini bisa jadi pilihan olahraga ringan saat moms menanti kelahiran sang buah hati. Hal ini karena squat bermanfaat menguatkan otot punggung dan panggul. Seperti diketahui keduanya memiliki peran penting saat moms hamil hingga menghadapi persalinan per vaginam.

Manfaat lainnya yang bisa moms dapatkan adalah bentuk bokong yang indah. Moms pun bisa melakukan olahraga jongkok ini sejak kehamilan memasuki 5 minggu hingga jelang persalinan. Dengan catatan kehamilan dan tubuh moms sehat tanpa ada masalah apapun.

Jongkok Bisa Jadi Pilihan Olahraga Jelang Persalinan

Saat moms melakukan squat ketika hamil tua usahakan melakukan di depan kursi. Ini berguna menjadi pegangan moms, jika tiba-tiba tubuh tidak seimbang. Ada juga jenis gerakan yoga dengan berjongkok moms. Biasanya dilakukan dengan membuka kaki sedikit lebar lalu berjongkok. Jangan lupa posisi kedua tangan dilipat dan telapak tangan saling bertemu. Kemudian siku di depan lutut. Lakukan gerakan ini sambil mengambil nafas secara teratur.

Menghirup udara ewat hidung dan buang nafas juga melalui hidung. Dan diikuti gerakan jinjit pada salah satu kaki secara bergantian. Disebut dengan gerakan malasana, gerakan ini berguna agar bayi cepat turun ke panggul dan terkunci di dasar panggul. Cukup aman untuk moms sehingga gerakan ini boleh dilakukan hingga jelang persalinan.

Jongkok Menurunkan Resiko Wasir Pada Ibu Hamil

Saat hamil pencernaan menjadi salah satu yang terganggu. Hal ini pun berdampak pada rutinitas buang air besar Anda. Sembelit dan wasir umumnya dialami moms saat hamil baik di trimester pertama maupun di trimester ketiga. Namun Anda tak perlu khawatir. Jika moms memliki kebiasaan BAB dengan berjongkok itu semua dapat teratasi moms. Posisi jongkok mempermudah kotoran keluar tanpa moms mengejang terlalu keras. Disamping itu jongkok dapat meluruskan tikungan antara rektrum dan anus. Sehingga mengurangi tekanan yang menyebabkan wasir.

Jongkok Menurunkan Resiko Wasir Pada Ibu Hamil

Tips Aman Jongkok Untuk Ibu Hamil

  • Ambil posisi jongkok senyaman mungkin moms.
  • Untuk mengurangi tekanan pada perut moms yang sudah membesar, Anda bisa membuka lebih lebar sedikit kaki Anda.
  • Jika posisi jongkok ini moms lakukan saat BAB, sebaiknya moms membuka celana, hingga kaki moms bisa membuka lebar tanpa batasan.
  • Sementara jika moms melakukan jongkok untuk olahraga, temukan instruktur yang dapat dipercaya. Agar posisi jongkok yang moms lakukan dapat Anda lakukan secara benar sehingga manfaat yang didapatkan pun maksimal.
  • Konsultasi ke Dokter terkait posisi jongkok. Apakah itu membuat moms tetap aman dengan kondisi kehamilan yang sedang mom jalani.


Moms Dilarang Jongkok Terlalu Lama Jika:

  • Mengalami perdarahan
  • Betis mengalami kram
  • Posisi bayi sungsang di usia kehamilan 30 minggu
  • Merasa nyeri saat jongkok terutama pada area vagina