Bacaan Doa yang Dianjurkan Saat Kehamilan Memasuki Usia 4 Bulan

Kenapa Usia Kehamilan 4 Bulan Penting?

“Sesungguhnya setiap orang di antaramu dikumpulkan penciptaannya di dalam perut ibunya empat puluh hari berupa nutfah, kemudian menjadi segumpal darah, (empat puluh hari kemudian), kemudian menjadi segumpal daging selama itu pula (40 hari berikutnya). Kemudian diutuslah kepadanya malaikat, lalu meniupkan ruh kepadanya dan diperintahkan atasnya menuliskan empat hal; ketentuan rejekinya, ketentuan ajalnya, ketentuan amalnya, dan ketentuan celaka atau bahagianya …” (HR. Bukhari dan Muslim)


Dalam hadist di atas dijelaskan jika pada saat kandungan memasuki usia 4 bulan, maka ruh ditiupkan kepadanya beserta ketentuan lainnya. Sehingga perlu rasanya untuk memperingati saat usia kandungan memasuki 4 bulan. Adapun tujuan tak lain adalah sebagai rasa syukur atas amanah besar dan berharga dari Allah dengan dihadirkannya seorang calon anak di dalam suatu keluarga.

Bacaan Doa yang Dianjurkan Saat Kehamilan Memasuki Usia 4 Bulan

Doa Usia Kehamilan 4 Bulan

Banyak doa yang diucapkan untuk menunjukan rasa syukur dan untuk memperoleh perlindungan dari Allah. Dan salah satu doa yang munajab ketika syukuran kehamilan adalah berikut:

اَللّهُمَّ احْفَظْ مَا فِي بَطْنِ … مِنَ الْجَنِيْنِ وَاجْعَلْهُ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً وَاجْعَلْهُ وَلَدًا صَالِحًا صَحِيْحًا مُعَافًى عَاقِلاً حَاذِقًا عَالِمًا عَامِلاً سَعِيدْاً مَرْزُوْقًا مُوَفَّقًا لِلْخَيْرَاتِ غَنِياًّ سَخِيًّا زَائِرًا اِلَى اْلحَرَمَيْنِ لِاَدَآءِ النُّسُكَيْنِ بِرًّا ِللْوَالِدَيْنِ. اَللَّهُمَّ اَحْسِنْ خَلْقَهُ وَخُلُقَهُ وَحَسِّنْ صَوْتَهُ لِقِرَاءَةِ الْقُرْاَنِ اْلكَرِيْمِ وَالْحَدِيْث النَّبَوِيِ بِجَاهِ نَبِيِّكَ مُحَمَّدٍ صَلى اللهُ عَليهِ وَسلَّمَ. اَللَّهُمَّ وَفِّقْهُ لِطَاعَتِكَ وَحَسِّنْ عِبَادَتِكَ. اَللّهُمَّ سَهِّلْ خُرُوْجَهُ عِنْدَ اْلوِلاَدَةِ وَارْزُقْهُ وَاُمُّهُ وَوَالده السَّلاَمَة وَالسَّعَادَة وَالْعَافِيَةَ وَالسهادة وَحُسْنُ اْلخَاتِمَة. رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ اَزْوَاجِنا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ اَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ اِمَامَا

Doa ibu hamil ini berisikan rasa syukur, meminta perlindungan dan wujud pengharapan agar anak yang lahir kelak tumbuh jadi anak yang sholeh dan sholeha, serta dapat perlindungan dari Allah ya moms.

Lalu kapan doa 4 bulanan dibaca? Moms doa ini dapat dibaca secara rutin tiap usai sholat fardhu atau dalam keadaan apapun. Kenapa? Karena setiap orang tua pasti inginkan anak yang terlahir sehat, soleh atau solehah, baik paras maupun akhlaknya, serta memiliki kecerdasan yang luar biasa. Maka dari itu moms harus giat mengusahakannya terutama dalam doa.

Nah, itulah tadi bacaan doa yang bisa moms panjatkan saat usia kandungan 4 bulan, sebagai wujud sayang moms kepada calon buah hati. Sebab, bukan hanya dengan memperhatikan asupan gizi dan pola hidup baik. Dengan selalu membaca doa janin pun senatiasa terjaga. Dengan izinNya, semua doa moms akan menjadi nyata.