Kompres Es Batu

Cara alami mengatasi sakit gigi yang pertama adalah mengompres dengan es batu. Caranya mudah, Moms. Masukkan beberapa bongkah es dalam plastik kemudian lapisi dengan waslap tipis. Lalu, tempelkan kompres pada bagian pipi yang terasa sakit selama 15 menit. Moms juga bisa menempelkan kompres langsung pada permukaan gigi yang ngilu. Cara ini akan membuat saraf gigi kebas sehingga ngilu tak lagi terasa.

Kompres Es Batu
source: https://www.go-dok.com/

Berkumur dengan Cuka

Cara kedua adalah dengan menggunakan cuka. Selain berkumur dengan garam, Moms bisa menggunakan cuka dapur dan cuka apel yang dapat membunuh kuman penyebab sakit gigi. Hal ini dikarenakan cuka bersifat antibakteri dan antimikroba. Tapi jangan berkumur dengan cuka murni ya, Moms. Sebab cuka murni mengandung asam yang bisa merusak lapisan enamel gigi jika terkena langsung. Jadi sebaiknya Moms mencampur 1/2 sdt cuka dengan segelas air hangat. Kumur dan tahan pada bagian yang sakit selama 30 detik.

Berkumur dengan Cuka
source: https://keepo.me/
baca juga

Kunyah Bawang Mentah

Percaya atau tidak, ternyata mengunyah bawang mentah dapat membantu meredakan sakit gigi lho, Moms. Bawang putih dan bawang merah memiliki sifat antiseptik dan antimikroba untuk membunuh kuman penyebab sakit gigi sekaligus mengendalikan rasa nyerinya. Saat digigit, bawang akan melepaskan allicin, zat berminyak yang berfungsi membunuh bakteri. Tapi kalau Moms tidak mau mengunyah bawang karena tidak tahan dengan baunya, Moms bisa mengiris bawang tipis-tipis dan meletakkannya langsung pada gigi yang sakit sebagai kompres.

Kunyah Bawang Mentah
source: https://www.merdeka.com/

Daun Jambu Merah

Jika Moms suka bikin jus jambu merah, jangan lupakan daunnya, Moms. Daun jambu merah memiliki sifat antiradang, antimikroba, dan sekaligus pereda nyeri (analgesik) yang bisa menjadi pilihan untuk mengobati sakit gigi di rumah. Caranya mudah kok, Moms. Lipat atau gulung satu-dua lembar daun jambu, kemudian kunyah sampai ekstrak airnya keluar. Dengan lidah Mommies “tangkap” sari tersebut dan oleskan pada area gigi yang sakit. Jangan lupa dicuci terlebih dahulu ya, Moms.

Daun Jambu Merah
source: https://www.merdeka.com/
baca juga

Minyak Cengkeh

Cara alami mengatasi sakit gigi yang terakhir adalah dengan menggunakan minyak cengkeh. Minyak yang satu ini merupakan obat herbal yang sudah lama digunakan sebagai cara mengobati sakit gigi alami. Minyak cengkeh mengandung senyawa eugenol sebagai zat anestesi alami yang disinyalir bisa membantu “mematikan saraf” sementara. Tapi Moms harus berhati-hati, jangan sampai sembarangan meneteskan minyak cengkeh ke dalam mulut, bisa-bisa rasa sakitnya akan semakin parah jika sampai menetes ke lidah atau gusi yang sensitif.

Minyak Cengkeh
source: https://rejekinomplok.net/

Nah Moms, itu tadi 5 cara alami mengatasi sakit gigi. Jika Moms sudah menggunakan cara-cara tersebut, namun rasa sakit pada gigi Mommies belum juga reda, sebaiknya Moms segera pergi ke dokter gigi. Semoga informasi ini bermanfaat, Moms.