Memiliki Anak di Usia Muda

Menjadi seorang ibu di usia berapa pun pasti membutuhkan perjuangan dan pengorbanan yang tidak mudah. Akan tetapi, di usia muda, ada banyak sekali hal-hal yang harus direlakan jika seorang wanita memutuskan untuk menikah dan memiliki anak. Sebut saja meraih pendidikan yang lebih tinggi atau mengejar karir harus ditunda sementara waktu. 

Punya Anak Di Usia Muda, Apa Aja Sih Suka Dukanya?
source: https://www.fool.com/

Meskipun begitu, bukan berarti memiliki anak di usia muda akan menyebabkan seorang wanita kehilangan kesempatan besarnya. Faktanya, tetap ada beragam kebaikan yang bisa didapatkan jika seseorang memilih untuk menjadi ibu di usia muda.

Punya Anak Di Usia Muda, Apa Aja Sih Suka Dukanya?
source: https://www.care.com/
baca juga

Akan tetapi, pastikan Mommy mengetahui batasan usia muda menjadi seorang ibu. Tentu menjadi ibu muda bukan berarti memiliki anak di usia belia. Tetap ada batasan minimal usia yang harus diperhatikan. Berdasarkan BKKBN, usia minimal seorang wanita untuk menikah dan memiliki anak adalah 21 tahun di mana pada usia ini seorang wanita sudah memiliki tubuh yang lebih siap untuk mengandung dan melahirkan.


Kelebihan Menjadi Ibu di Usia Muda

  1. Menjadi ibu di usia muda bisa memberikan kesempatan membangun relasi yang kuat dan dekat dengan anak sebagaimana teman.
  2. Menjadi ibu di usia muda memberikan kesempatan lebih besar untuk aktif menjadi ibu karena memiliki lebih banyak energi sebelum mencapai 30. 
  3. Menjadi ibu di usia muda memberikan kesempatan untuk berkembang bersama anak-anak dan pasangan menjadi lebih baik. 
  4. Menjadi ibu di usia muda membuka peluang untuk menghabiskan waktu dan fokus yang lebih maksimal untuk anak. 
  5. Pemulihan tubuh setelah hamil, melahirkan, dan menyusui menjadi lebih mudah karena metabolisme tubuh lebih baik.
  6. Memiliki kesempatan besar untuk melakukan banyak aktivitas seru saat anak-anak yang sudah besar tanpa khawatir dengan usia yang semakin tua.
  7. Memiliki kesempatan untuk menghabiskan waktu berkualitas dengan keluarga besar, seperti cucu atau bahkan cicit.
Punya Anak Di Usia Muda, Apa Aja Sih Suka Dukanya?
source: https://www.listland.com/

Di samping itu, tentu ada banyak sekali perjuangan dan pengorbanan besar yang harus direlakan. Sebut saja saat Mommy harus merelakan waktu berkumpul dengan teman-teman atau menunda cita-cita untuk berkarir atau meraih pendidikan tinggi. Namun ingat, memiliki anak di usia muda bukan berarti kehilangan kesempatan untuk meningkatkan aktualisasi diri.