Janin terasa tak seaktif biasanya? Waspada buah hati dalam kandungan sedang stress!

Tak hanya ibu hamil, janin dalam kandungan ternyata juga bisa stress lho, Moms. Penyebab janin stress dalam kandungan bisa disebabkan oleh berbagai faktor, misalnya stress ibu, dehidrasi, paparan zat kimia berbahaya, paparan virus dan penyakit yang mendera ibu hamil, hipertensi, hingga kelelahan ibu selama kehamilan. 

Tapi, ternyata masih banyak ibu hamil yang belum memahami tanda janin stress dalam kandungan. Padahal, jika lalai mengenali tanda-tanda ini, keselamatan bayi di dalam kandungan juga bisa terancam lho, Moms! Simak yuk, Moms apa saja tanda-tandanya!

Janin terasa tak seaktif biasanya? Waspada buah hati dalam kandungan sedang stress!

1. Janin Tidak Seaktif Biasanya
Salah satu tanda kehamilan dan janin sehat adalah pergerakan janin yang aktif dalam kandungan. Tendangan dan gerakan janin adalah salah satu tanda bahwa janin berada dalam kondisi sehat. Apabila tingkat keaktifan gerakan janin dalam kandungan Moms terasa berkurang, hal ini merupakan tanda janin stress dalam kandungan dan perlu untuk segera mendapatkan pertolongan medis yang tepat.

2. Rasa Nyeri dan Tegang di Area Perut, Panggul serta Punggung Bawah
Rasa nyeri dan ngilu yang samar dirasakan oleh Ibu hamil sebenarnya merupakan kondisi yang wajar. Yang tidak wajar adalah jika rasa nyeri tersebut terjadi secara berkepanjangan ditambah sensasi tegang di area panggul, Hal ini bisa jadi merupakan tanda janin stress di dalam kandungan yang patut Moms waspadai. Penyebabnya bisa beragam, seperti kekurangan osigen atau janin tidak nyaman dengan pakaian yang Moms kenakan karena terlalu ketat, misalnya. Kondisi ini juga memerlukan pemeriksaan dan tindakan medis agar kondisi janin kembali sehat dan normal.

3. Detak Jantung Janin Melemah
Mendeteksi detak jantung janin memang sering membutuhkan bantuan peralatan medis. Tetapi, menurunnya aktifitas janin bisa menjadi tanda bahwa detak jantung janin melemah dan janin sedang berada pada kondisi stress. Jangan tunda untuk menemui dokter ya, Mom jika mengalam hal ini.

4. Air Ketuban Merembes
Air ketuban yang merembes selain di masa-masa HPL merupaan hal yang mesti Moms waspadai sebaga tanda janin stress di dalam kandungan. Segera temui dokter kandungan untuk menghindari resiko lebih lanjut pada kesehatan janin dalam kandungan Moms.

5. Flek dan Pendarahan
Tiap flek dan pendarahan yang terjadi pada ibu hamil merupakan kondisi yang patut diwaspadai sebab dapat mengancam keselamatan janin dan merupakan salah satu tanda janin stress dalam kandungan. Jangan abaikan kondisi ini ya, Moms! Segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan pertolongan yang tepat demi keselamatan Moms dan janin dalam kandungan.

Janin terasa tak seaktif biasanya? Waspada buah hati dalam kandungan sedang stress!

Nah, itulah beberapa tanda janin stress dalam kandungan yang perlu Moms ketahui agar kehamilan berjalan sehat baik untuk ibu maupun bayi. Semoga sehat selalu, Moms!