Periksa Kerja Motor Pompa

Hal pertama yang harus Moms perhatikan adalah kinerja motor pompa. Merek-merek bagus dan seri baru biasanya tidak akan ada kendala, walaupun Moms membelinya dalam keadaan bekas. Namun permasalah ini biasanya muncul pada pompa seri lama. Sebaiknya cek kondisi mesin apakah masih bekerja dengan baik atau tidak.

Periksa Kerja Motor Pompa
source: https://review.bukalapak.com/

Cek Garansi

Meski pompa ASI bekas, Moms harus cek garansi pompa ASI tersebut ya, Moms. Tidak semua merek memiliki garansi yang bisa dipindahtangankan. Jika garansi tidak bisa dipindahtangankan, maka nilai kartu garansi menjadi tidak berguna. Pilih pompa ASI elektrik bekas dengan garansi yang masih berlaku dan bisa dipindahtangankan.

Cek Garansi
source: https://bimbinganislam.com/
baca juga

Sesuaikan dengan Kebutuhan

Tidak semua orang membutuhkan pompa ASI elektrik. Jadi sebelum membeli pompa ASI elektrik bekas, sebaiknya Moms memastikan terlebih dahulu apa Moms benar-benar memerlukan pompa ASI elektrik. Baca terlebih dahulu berbagai artikel mengenai pompa ASI elektrik. 

Sesuaikan dengan Kebutuhan
source: https://harga.web.id/

Perhatikan Sistem Pompa

Pompa ASI elektrik dengan sistem terbuka tidak memiliki penghalang fisik antara susu dan motor pompa, sehingga motor pompa akan lebih mudah ditumbuhi oleh jamur. Tidak hanya pada pompa, namun jamur juga bisa berkembang di dalam pipa. Hal yang lebih berbahaya adalah ketika jamur di dalam motor pompa terbawa ke dalam ASI. Jadi lebih baik perhatikan model pompa ASI nya ya, Moms.

Perhatikan Sistem Pompa
source: https://www.halodoc.com/
baca juga

Perhatikan Fitur Pompa ASI

Hal terakhir yang harus Moms pehatikan adalah fitur pompa ASI. Meski bekas, Moms harus tanyakan terlebih dahulu fitur apa saja yang terdapat dalam pompa ASI elektrik tersebut, misalnya saja layar LCD, memori program, dan lainnya. Jadi meski beli bekas, Moms tetap bisa menikmati fitur pendukung dengan maksimal.

Perhatikan Fitur Pompa ASI
source: https://www.philips.co.id/

Nah Moms, itu tadi 5 hal yang harus Moms perhatikan sebelum membeli pompa ASI elektrik bekas. Jadi meski membeli dalam keadaan bekas, bukan berarti Moms menerima kondisi barang apa adanya. Semoga informasi ini bermanfaat. Happy Breastfeeding, Moms!