Penyakit yang Sering Menyerang Anak

Setidaknya ada 3 penyakit yang sering dialami anak, yaitu Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA), Tuberkolosis dan Varicella atau cacar air. Penyakit ISPA termasuk batuk, pilek dan demam yang paling sering menyerang balita dan anak-anak. Bahkan berdasarkan penelitian, ISPA menyebabkan 40% dari kematian anak usia 1 bulan hingga 4 tahun.

Penyakit yang Sering Menyerang Anak

Penyebab Anak Sering Sakit

Rentannya anak terserang penyakit bukan tak mungkin berasal dari lingkungan rumah, Moms. Termasuk kebiasaan orangtua yang terlalu cuek pada si kecil.

1. Orangtua jarang bermain dengan anak

Moms dan Dads sering meminta anak untuk bermain di luar. Tapi tanpa disadari, rasa malas orangtua untuk menemani anak bermain juga berdampak buruk. Sikap ini akan diikuti anak yang juga akan enggan bermain di luar. Padahal dengan beraktivitas di luar ruangan seperti bersepeda, bermain bola atau sekedar berjalan kaki, membuat anak menghirup udara segar sambil berolahraga yang meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya.


2. Kurangnya asupan nutrisi

Makanan dan minuman dengan kandungan probiotik membantu menguatkan system kekebalan tubuh terhadap bakteri dan virus di dalam usus. Karenanya, penting untuk Moms menambahkan makanan dan minuman seperti yogurt, susu fermentasi dan tempe dalam daftar makanan anak. Selain itu, sayur dan buah juga penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak.

3. Kurang menjaga kebersihan

Ajarkan pentingnya menjaga kebersihan sejak dini pada anak, Moms. Biasakan si kecil mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, setelah bermain di luar serta pulang sekolah. Berikan juga contoh yang baik agar anak mengikuti kebiasaan positif orangtua.

4. Faktor lingkungan dan cuaca

Lingkungan sekitar hingga orang terdekat juga jadi salah satu faktor utama anak terserang penyakit. Ciptakan lingkungan dan rumah yang sehat agar anak bebas dari penyakit. Jangan lupakan juga perubahan cuaca yang mempengaruhi kekebalan tubuh anak terhadap penyakit ya, Moms.

Penyebab Anak Sering Sakit
5. Riwayat penyakit kronis

Perhatikan juga riwayat penyakit kronis yang dialami anak dan bisa kambuh sewaktu-waktu. Hal ini membuat si kecil rentan sakit, terlebih jika sistem kekebalan tubuhnya menurun karena terus melawan virus penyakit.

baca juga

Tips Mencegah Anak Sakit

Pola Hidup Sehat

Lingkungan yang sehat dan bersih membuat anak tak mudah sakit. Ajarkan dan berikan contoh yang baik pada anak tentang kebersihan diri. Seperti mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, menutup hidung dan mulut data bersin, dsb. Jangan lupa biasakan diri Moms dan keluarga melakukan olahraga ringan atau beraktivitas di luar ruangan serta istirahat yang cukup agar sistem imun lebih kuat.

Tips Mencegah Anak Sakit

Cukupi Nutrisi dan Gizi Anak

Kurangi menu makanan tak sehat seperti makanan cepat saji dan aneka gorengan. Pastikan menu makan anak kaya gizi dan nutrisi seimbang. Tambahkan sayur,  buah atau yogurt di sela waktu ‘ngemil’ anak, Moms.

Tips Mencegah Anak Sakit
baca juga

Perkuat sistem Imun Tubuh

Selain gizi seimbang, Moms juga perlu menambah suplemen untuk memperkuat sistem imun tubuhnya. Terutama saat sistem kekebalan tubuh anak menurun dan menunjukkan gejala sakit, seperti demam. Pemberian obat atau antibiotik memang dipercaya ampuh meredakan demam anak, tapi tak ada salahnya Moms mencoba bahan alami yang aman untuk anak. Seperti produk herbal yang bersertifikat Fitofarmaka yaitu Stimuno.

Tips Mencegah Anak Sakit

Produk herbal ini terbuat dari 100% ekstrak tanaman meniran, dalam bahasa latin disebut Phyllanthus Niruri Serta teruji klinis khasiat dan keamanannya sehingga dapat digunakan baik untuk anak-anak maupun dewasa dengan dosis sesuai anjuran.

Stimuno bekerja langsung pada sistem imun dengan merangsang tubuh memproduksi lebih banyak antibody dan mengaktifkan sistem kekebalan tubuh agar bekerja lebih optimal. Tak hanya membantu proses penyembuhan, Stimuno juga membantu meningkatkan sistem imun saat tubuh menunjukkan gejala sakit.