Pilih Bahan Sepatu

Hal pertama yang harus Moms perhatikan sebelum membeli sepatu untuk anak yang masih balita adalah bahan sepatu. Sebaiknya Moms memilih sepatu dari bahan yang ringan dan memiliki sirkulasi udara. Pilih kulit yang lembut atau kain yang paling baik. Hindari sepatu dari kulit yang kaku ya, Moms. Karena sepatu dari kulit yang kaku dapat menghambat perkembangan kaki dan bahan sintetis yang membuat kaki tidak bisa bernafas.

Pilih Bahan Sepatu
source: https://www.alodokter.com/

Remas Sepatu

Jika sepatu terbuat dari bahan yang lembut, coba pegang bagian atas kaki ketika si kecil mengenakannya. Jika jari Mommies tidak bisa masuk ke dalamnya, berarti sepatu terlalu sempit. Coba cari sepatu dengan model yang lebih longgar.

Remas Sepatu
source: https://parenting.orami.co.id/
baca juga

Cek Kecocokan Sepatu

Moms wajib tahu bahwa harus ada cukup ruang untuk menekuk jari moms antara tumit anak dan tumit pada sepatu. Ada ruang seukuran jempol antara ujung dari jari terpanjang anak dan bagian depan sepatu. Sepatu harus memberi ruang yang cukup untuk bergerak tapi tidak terlalu besar. Karena kaki bayi cepat tumbuh, periksa tiap bulan untuk memastikan sepatu masih muat.

Cek Kecocokan Sepatu
source: https://peradabandunia.com/

Pilih Perekat

Sebaiknya Moms memilih perekat velcro untuk sepati si kecil. Perekat velcro membuat sepatu lebih mudah dikenakan dan dilepas, dan Moms tidak perlu repot mengikat tali sepatu. Tapi anak bisa mencari tahu bagaimana melepas sepatu dan ia akan senang melepasnya. Jika memilih sepatu dengan tali, pastikan tali cukup panjang untuk diikat dengan simpul ganda, agar tidak mudah terlepas.

Pilih Perekat
source: https://bp-guide.id/
baca juga

Beli Sepatu Di Sore Hari

Apa hubungannya membeli sepatu dengan sore hari? Tahukah, Moms? Kaki bayi membengkak dan sering bertambah besar di sore hari. Sepatu yang dibeli di pagi hari bisa terasa sempit di malam harinya.

Beli Sepatu Di Sore Hari
source: https://www.ibupedia.com/

Itu tadi ya Moms, 5 hal yang harus Moms perhatikan sebelum membeli sepatu untuk si kecil yang masih balita. Jadi jangan cuma lihat modelnya saja ya, Moms. Banyak hal yang harus diperhatikan juga.