Mengapa Penting Menjawab Serius Saat Anak Tanya 'Kenapa'? Ini Alasannya!

Anak-Anak yang Sering Bertanya “Kenapa” Cenderung Punya Tingkat Kecerdasan Lebih Tinggi

Penelitian di Inggris menyebutkan bahwa seorang anak bisa mengeluarkan lebih dari 300 pertanyaan pada ibunya. Hal ini dapat terjadi pasalnya sel-sel neuron otak anak sedang mengalami pertumbuhan, sehingga anak akan terus bertanya sebelum informasi yang didapat disimpan lekat dalam memorinya.

Dan ketika moms bisa mendukung masa bertanya yang sedang dijalani si anak, seperti menjawab dengan benar maka anak akan tumbuh dengan tingkat kecerdasan yang lebih tinggi.


Pertanyaan “Kenapa” Meningkatkan Kemampuan Analisis, Keberanian & Rasa Percaya Diri Anak

Pertanyaan 'kenapa' yang diajukan oleh anak merupakan sarana untuk memahami dunia ini lho moms, hal ini berdasar penelitian dari University of Hawaii dan University of Michigan. Jadi bila anak-anak itu berhenti bertanya, maka keingintahuannya sudah terjawab.

Ketika pertanyaan yang dilontarkan mendapat jawaban, hal itu akan menjadi perangsang bagi anak untuk berusaha mencerna dan menganalisanya. Di lain sisi, keberanian dan rasa percaya diri anak pun juga akan terasah. Sebab anak terlatih untuk mengutarakan apa yang dirasakannya, dan mempertanyakan apa yang membuatnya merasa tidak nyaman.

Mengapa Penting Menjawab Serius Saat Anak Tanya 'Kenapa'? Ini Alasannya!

Kemampuan Berpikir Kritis Anak Makin Berkembang

Kemampuan berpikir kritis dapat dimiliki anak mulai dari bertanya “kenapa”. Nalar dan logika akan berkembang sehingga menemukan solusi atas segala sesuatu yang membuatnya penasaran.

Anak bertanya kepada orang tua atau orang dewasa lain karena ingin mendapatkan pengetahuan atau jawaban dikarenakan besarnya rasa ingin tahu yang dimiliki. Namun, bila moms ingin mengembangkan kemampuan berfikir kritis pada anak maka jangan langsung menjawab pertanyaan, tapi lontarkan pertanyaan kembali agar anak menjawab sendiri.

baca juga
Mengapa Penting Menjawab Serius Saat Anak Tanya 'Kenapa'? Ini Alasannya!

Anak-anak dengan Pikiran Kritis Akan Tumbuh Jadi Generasi yang Peduli

Jika moms membiasakan anak berpikiran kritis maka anak akan punya tingkat kepedulian yang tinggi. Kenapa demikian? Sebab apa yang terjadi di lingkungannya, apa yang dirasakan orang-orang terdekatnya, dan isu-isu yang berkembang di dunia pun bisa jadi perhatiannya.

Sikap kritis pada anak juga membuatnya lebih peka, bukannya sibuk memikirkan diri sendiri saja, buah hati akan selalu melibatkan diri untuk menemukan solusi bagi masalah-masalah yang terjadi di sekitarnya. Dan bila dewasa kelak, tak menutup kemungkinan anakpun akan lebih bijaksana dalam menjalani hidupnya.

Nah, bagaimana moms masih mau menjawab pertanyaan anak dengan asal-asalan? Dengan banyaknya manfaat yang didapat dengan menjawab anak dengan lebih serius tentu membuat moms kini harus makin siap dengan pertanyaan-pertanyaan baru anak ya. Semoga bermanfaat.