Obesitas

Moms termasuk wanita dengan masalah obesitas? Tahukah, Moms? Berat badan berlebih bisa mengganggu kinerja organ tubuh wanita, salah satunya organ reproduksi. Kadar kolesterol yang tinggi dapat mengacaukan keseimbangan hormon yang berefek mengganggu siklus haid. Siklus haid yang tidak teratur ini akan menyulitkan perhitungan matangnya sel telur, sehingga ovulasi tidak dapat dideteksi dengan tepat.

Obesitas
source: https://sumut.idntimes.com/

Terlalu Kurus

Kalau obesitas bisa jadi faktor penghambat kehamilan, begitu juga jika Moms terlalu kurus. Kurangnya lemak dapat memperlambat produksi hormon-hormon yang diperlukan untuk proses ovulasi dan pelepasannya ke indung telur. Selain itu, wanita yang terlalu kurus juga umumnya sering mengalami gangguan pada siklus menstruasi.

Terlalu Kurus
source: https://makassar.terkini.id/
baca juga

Stres

Tidak hanya ibu hamil yang dilarang stres, ketika Moms merencanakan kehamilan, Moms juga tidak boleh stres, ya. Jika Moms ingin segera hamil, jauhi diri dari segala hal yang bisa membuat Moms stres. Tingkat stres yang tinggi, selain dapat menurunkan sistem imunitas tubuh, juga bisa membuat sulit hamil. Kondisi tertekan bisa menyebabkan gangguan di saluran ovulasi, bahkan menurunkan gairah berhubungan suami istri.

Stres
source: https://www.dream.co.id/

Hormon Tidak Seimbang

Keseimbangan hormon merupakan hal penting jika Moms ingin segera hamil. Hormon membantu sistem metabolisme tubuh dan dibutuhkan sejak masa konsepsi untuk kelangsungan hidup dan pertumbuhan embrio. Jika jumlah hormon tak sesuai dengan kebutuhan, maka akan terjadi bermacam gangguan, seperti sulit hamil karena pertumbuhan sel telur terganggu.

Hormon Tidak Seimbang
source: https://hellosehat.com/
baca juga

Endometriosis

Faktor terakhir penghalang kesuburan wanita adalah endometriosis. Endometriosis adalah kondisi dimana jaringan pembentuk dinding rongga rahim (endometrium) tumbuh di lokasi yang sama. Kesalahan tempat itu lantas menimbulkan pelekatan di sekitar saluran telur sehingga mengganggu proses pembuahan.

Endometriosis
source: https://www.everydayhealth.com/

Itu tadi Moms 5 faktor penghambat kesuburan wanita. Jika Moms merasa ada salah satu faktor yang tadi disebutkan, sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter kandungan, ya. Semakin cepat ditangani maka akan semakin cepat Moms hamil.