Meski sudah berusia 50 tahun ke atas, menjaga kesehatan tubuh sangatlah penting. Salah satu menjaga kesehatan yakni dengan rutin berolahraga. Olahraga tidak hanya memberi dampak yang baik bagi kesehatan tubuh, tetapi juga jiwa. Di usia 50 tahun ke atas, tubuh pun tidak sekuat dan sebugar dahulu, maka dari itu, di bawah ini terdapat deretan olahraga yang pas dilakukan seseorang yang berusia 50 tahun ke atas.

Angkat Beban

Latihan angkat beban dengan angkat barbel menjadi olahraga ringan yang bisa dilakukan seseorang yang berusia 50 tahun ke atas. Angkat beban memberikan manfaat bagi tulang agar lebih kuat, sehingga mengurangi risiko terjadinya osteoporosis. Rutin melakukan olahraga angkat beban juga membantu tulang lebih kuat, padat, dan memperbaiki struktur tulang. Manfaat lain dari angkat beban yakni mengencangkan otot, membantu menurunkan berat badan, dan menyeimbangkan tubuh.

Angkat Beban
baca juga

Golf

Di usia 50 tahun ke atas, umumnya penglihatan mulai terganggu. Gerakan pada olahraga golf membantu mengatasi masalah penglihatan agar lebih fokus atau kosentrasi. Olahraga golf menjadi olahraga yang ringan namun berhasil membakar kalori. Manfaat lain dari olahraga ini yakni membuat tidur moms lebih nyenyak, menenangkan pikiran, menguatkan serta mencegah masalah pada sendi dan otot.

Golf

Tenis

Tenis merupakan olahraga yang baik bagi anak muda maupun orang tua. Banyak pula manfaat yang dihasilkan dari olahraga tenis jika dilakukan rutin, antara lain seperti meningkatkan kesehatan jantung, menguatkan otot tubuh, membantu tubuh agar lebih fleksible, serta meredakan stress.  

Tenis
baca juga

Yoga

Manfaat yoga tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh, tetapi juga kesehatan jiwa. Yoga membantu tubuh lebih sehat dan bugar, menenangkan pikiran, mengatasi gangguan tidur, mengurangi risiko terserang penyakit jantung, dan membakar kalori. Gerakan olaharaga satu ini terbilang ringan dana man untuk usia di atas 50 tahun.

Yoga

Bersepeda

Jika di usia 50 tahun ke atas tenaga sudah tidak sekuat dulu, tetap lakukanlah olahraga sepeda. Cukup bersepeda ringan secara rutin mampu mengembalikan kebugaran tubuh. Bersepeda memiliki manfaat antara lain menghilangkan stress, meningkatkan metabolisme, membakar kalori, mengencangkan otot kaki, melatih kekuatan tulang, mengatasi insomnia, menurunkan risiko terkena diabetes, meningkatkan kesehatan mental dan otak, serta baik bagi kesehatan jantung. Moms bisa bersepeda di pagi hari di kala udara masih segar.

Bersepeda

Berenang

Berenang adalah olahraga yang cocok dilakukan oleh semua kalangan, termasuk seseorang yang menginjak usia 50 tahun ke atas. Berenang pun cocok dilakukan oleh seseorang yang mengidap penyakit asma atau penyakit paru-paru. Berenang juga bisa mengatasi masalah sulit tidur, mengontrol kolesterol, menurunkan berat badan, meningkatkan fungsi memori, menyehatkan jantung, dan masih banyak lagi.

Berenang