Saat ini kaktus tak hanya dijadikan sebagai penghias rumah, karena manfaat yang beragam pada tanaman ini seperti dapat mencegah dehidrasi dan mampu mengembalikan kelembapan pada kulit. Nah tak hanya itu Moms, masih banyak manfaat kaktus untuk kesehatan dan kecantikan yang wajib Moms ketahui. Yuk simak penjelasannya berikut ini!

6 Manfaat Kaktus Untuk Kesehatan dan Kecantikan, Bikin Awet Muda Lho!

Melembapkan Kulit

Kandungan linoleic acid pada kaktus mampu menstimulasi sel-sel pada kulit seperti vitamin E dan flavonoid untuk anti inflamasi. Jika Moms memiliki jenis kulit yang kering maka Moms disarankan menggunakan skincare dengan bahan dasar kaktus agar membuat kulit Moms lembap dan halus.

Melawan Radikal Bebas

Air pada kaktus bermanfaat untuk kesehatan karena mengandung  flavonoid yang tinggi dan zat protein yang bermanfaat untuk mencegah penuaan diri serta antioksidan. Kandungan antioksidan tinggi dalam ekstrak minyak kaktus juga akan melindungi kulit wajah dan tubuh Moms dari paparan radikal bebas.

Tak hanya itu, kandungan betalin pada kaktus dapat menghilangkan radikal bebas pada tubuh dan kandungan flavanoid dan vitamin E pada tanaman ini juga dapat memperbaiki kerusakan pada kulit akibat radikal bebas.

Mencegah Penuaan Dini

Tanaman kaktus memiliki kandungan anti-oksidan yang belimpah yang dapat mengurangi munculkan garis halus dan keriput pada wajah. Kandungan vitamin E pada kaktus akan mempercepat regenerasi sel kulit Moms dan menjadi kan Moms tampak lebih muda.

Memperbaiki Sel Kulit Rusak

Berkat anti-oksidan yang tinggi pada kaktus, menjadikan regenerasi kulit lebih cepat sehingga akan membuat kulit lebih sehat.  Moms juga dapat menggunakan skincare yang mengandung kaktus untuk mengatasi kemerahan dan hiper pigmentasi pada kulit. Selain itu kandungan asam lemak pada kaktus yang mampu membuat lapisan kolagen pada kulit tetap lembap dan sehat akan menjadikan pori-pori Moms tetap rapat.

Mencegah Tumor dan Kanker
 
Tanaman kaktus ini ternyata juga sangat baik untuk melindungi tubuh dari radikal bebas yang menyebabkan penyakit  berbahaya, seperti tumor yang berpotensi berkembang menjadi sel kanker.

Mengatasi Diabetes
 
Bila Moms memiliki riwayat diabetes, Moms dapat memanfaatkan kaktus karena pektin yang terkandung dalam kaktus dapat membantu menjaga kestabilan kadar gula darah. Hal ini sangat baik bagi penderita diabetes.