Membuat Potongan Buah Lebih Kesat

Ketika Moms ingin membuat cocktail atau manisan, Moms bisa menggunakan kapur sirih untuk membuat buah-buahan lebih kesat, padat, dan ‘rangu’ saat digigit. Air kapur sirih yang dilarutkan dengan air lalu digunakan untuk merendam potongan buah-buahan sebelum dibuat manisan atau cocktail. Jenis buahnya pun bisa macam-macam seperti mangga, salak, apel, melon, leci, jambu, bahkan lidah buaya.

Membuat Potongan Buah Lebih Kesat
source: https://bp-guide.id/

Membuat Ketupat dan Lontong Tahan Lama

Jika Moms ada hajatan di rumah dan ingin membuat lontong atau ketupat sendiri, Moms kini tidak perlu khawatir lontong atau ketupat akan cepat basi jika tidak habis. Ketika memasak lontong atau ketupat, Moms bisa menambahkan sedikit campuran air kapur sirih ke dalam beras yang akan dibuat menjadi ketupat atau lontong. Diamkan  beras yang sudah diberi air kapur sirih selama kurang lebih 60 menit sebelum dibungkus. Air kapur sirih dapat membuat tekstur ketupat atau lontong jadi lebih kenyal dan tahan lama.

Membuat Ketupat dan Lontong Tahan Lama
source: https://sajiansedap.grid.id/
baca juga

Bikin Gorengan Lebih Garing

Air kapur sirih terkenal dapat membuat gorengan lebih garing, Moms. Caranya, iris tipis bahan keripik yang akan dibuat, lalu cuci hingga air bilasannya bening. Air kapur sirih yang sudah diencerkan dan diambil bagian beningnya saja lalu digunakan untuk merendam bahan yang sudah dipotong tadi selama 1 jam. Setelah itu tiriskan lalu goreng hingga kering.

Bikin Gorengan Lebih Garing
source: http://www.resepharian.com/

Membuat Klepon Lebih Kenyal

Mommies ingin membuat kue klepon yang kenyal di rumah? Bisa banget, Moms. Coba tambahkan beberapa sendok air kapur sirih untuk membuat adonan makanan lebih kesat dan kenyal. Klepon yang dihasilkan pun akan lebih enak dan tidak mudah hancur.

Membuat Klepon Lebih Kenyal
source: https://www.liputan6.com/
baca juga

Kacang Goreng yang Renyah

Nggak cuma bisa bikin gorengan keripik menjadi lebih garing, tapi kapur sirih juga bisa membuat kacang goreng lebih renyah. Moms bisa merendam kacang tanah kupas dengan garam, sedikit air kapur sirih, dan bawang putih semalaman sebelum digoreng. Jangan lupa untuk sering mengaduk kacang saat digoreng agar warnanya cokelat muda merata.

Kacang Goreng yang Renyah
source: https://cookpad.com/

Nah itu Moms, manfaat kapur sirih untuk memasak. Sudah punya rencana memasak apa, Moms?