1. Perasaan Sedang Hamil Muncul Lebih Cepat

5 Perbedaan Kehamilan Pertama dan Kedua yang Umum Dirasakan
source: https://www.bustle.com/

Jika kebanyakan wanita kurang peka dengan tanda-tanda kehamilan pertamanya, ia akan cenderung lebih mudah mengenalinya di kehamilan kedua. Meskipun gejalanya akan terasa cukup berbeda, para ibu hamil biasanya akan lebih mengenali tubuhnya saat ia sedang berbadan dua. Mulai dari rasa tidak nyaman di perut, mual dan muntah, hingga keinginan buang air kecil yang lebih sering.


2. Beberapa Keluhan di Kehamilan Pertama Berkurang

5 Perbedaan Kehamilan Pertama dan Kedua yang Umum Dirasakan
source: https://www.cgbabyclub.co.uk/

Sebagian besar wanita yang mengalami banyak keluhan kehamilan, seperti mual dan muntah di pagi hari, biasanya akan mendapatkan ini lebih ringan di kehamilan keduanya. Apabila di kehamilan pertama Mommy terasa sangat susah untuk makan, di kehamilan kedua semuanya akan lebih mudah untuk tertelan. Pembengkakan payudara juga tidak seperti sebelumnya. Mommy mungkin juga merasa sedikit lebih tenang dan lebih santai karena merasa bahwa sudah pernah mengalami kehamilan ini sebelumnya. 

baca juga


3. Lebih Mudah Kelelahan 

5 Perbedaan Kehamilan Pertama dan Kedua yang Umum Dirasakan
source: https://thestir.cafemom.com/

Untuk berjaga-jaga seandainya Mommy tidak menyadarinya, rasa lelah akan terasa lebih parah dari kehamilan yang sebelumnya. Apalagi mengingat bahwa Mommy sudah memiliki anak yang harus diurus dan dirawat setiap harinya. Tentu pekerjaan akan terasa lebih banyak dan energi yang dibutuhkan juga lebih besar. Berbagi tugas dengan suami atau memberikan pengarahan pada anak pertama tentang kondisi Mommy akan membantumu merasa lebih baik.


4. Kehamilan Lebih Cepat Tampak 

5 Perbedaan Kehamilan Pertama dan Kedua yang Umum Dirasakan
source: https://www.simplymaggie.com/

Otot perut dan rahim yang pernah meregang selama kehamilan pertama akan membuat struktur perutmu menjadi lebih longgar. Itu artinya otot perutmu tidak akan lagi menahan pembesaran rahim sehingga perut buncit di kehamilan kedua akan lebih cepat terlihat daripada yang pertama.

baca juga


5. Persalinan Menjadi Lebih Cepat

5 Perbedaan Kehamilan Pertama dan Kedua yang Umum Dirasakan
source: https://www.verywellfamily.com/

Terakhir, kabar baik di kehamilan kedua adalah lama proses persalinan yang menjadi lebih singkat. Rata-rata, ibu yang melakukan proses persalinan kedua merasakannya lebih mudah dan cepat hingga setengah kali dibandingkan dengan persalinan yang pertama. Pasalnya, serviks di kehamilan kedua akan lebih fleksibel dan tidak lagi kaku seperti dulu.

Jadi, proses pelebaran dan penipisan cenderung terjadi lebih cepat. Kemudian, karena serviks dan jaringan vagina lebih lentur, mereka tidak akan menahan tekanan kepala bayi. Dengan begitu, bayi akan keluar lebih cepat dan mudah.