Memiliki anak adalah keinginan yang hampir didambakan oleh semua wanita. Meskipun begitu, ada banyak pengorbanan yang harus direlakan seperti kehilangan badan yang langsing dan kencang. Ini adalah daftar perubahan bentuk tubuh yang dikhawatirkan kebanyakan wanita:

1. Kenaikan Berat Badan yang Signifikan

Tidak bisa dipungkiri, memiliki tubuh yang langsing dan kecil masih menjadi keinginan dari kebanyakan wanita. Bahkan, sebagian besar dari mereka rela untuk menjalani diet khusus hingga melakukan olahraga rutin untuk bisa mempertahankan berat badan yang ideal. Sayangnya, kehamilan kerap membuat para wanita kehilangan kontrol atas hal ini. Jangan heran jika banyak wanita yang mencari tips untuk dapat memberikan asupan gizi yang baik untuk janin dan bayi saat hamil dan menyusui tanpa harus kehilangan kontrol pada berat badan sendiri.

5 Perubahan Tubuh yang Ditakutkan Wanita Setelah Punya Anak, Benar Gak Moms?
source: https://www.momjunction.com/

2. Kemunculan Stretch Marks

Selanjutnya, ketakutan yang juga kerap dirasakan oleh para wanita hamil adalah munculnya stretch marks yang akan mengganggu tampilan kulit mulus dan bersih mereka. Pembengkakan tubuh selama masa kehamilan tentu akan berdampak langsung pada kondisi dan tampilan kulit. Salah satu yang paling umum terjadi adalah munculnya garis-garis halus sesudah melahirkan. Sebenarnya ada cara untuk bisa mencegahnya. Akan tetapi, dibutuhkan konsistensi dan kedisiplinan untuk bisa memberikan hasil yang optimal.

baca juga
5 Perubahan Tubuh yang Ditakutkan Wanita Setelah Punya Anak, Benar Gak Moms?
source: http://www.medelabreastfeedingtips.ca/

3. Payudara yang Kendur

Setelah hamil dan menyusui, payudara memang akan membesar dan mengencang. Akan tetapi, apabila semua proses itu sudah berlalu, payudara akan mulai turun dan mengendur. Beberapa olahraga dan pemijatan memang dikatakan mampu mengatasi masalah ini. Namun, jangan berharap pada pemulihan yang sempurna karena perubahan payudara itu adalah sesuatu yang pasti terjadi dan tidak bisa hindari. 

5 Perubahan Tubuh yang Ditakutkan Wanita Setelah Punya Anak, Benar Gak Moms?
source: https://www.dailyhealthletters.com/

4. Lemak di Beberapa Bagian Tubuh

Kemunculan lemak di beberapa bagian tubuh tidak bisa dihindari oleh para ibu hamil dan menyusui. Sebagian wanita akan mendapatkan pahanya menjadi lebih besar dari biasanya. Tetapi, wanita lain akan menemukan lengannya menjadi lebih berlemak dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya. Terkadang penumpukan lemak ini dapat berkurang seiring dengan berlalunya masa hamil dan menyusui. Namun, sebagian wanita merasakan lemak ini tetap menumpuk dan sulit dihilangkan. 

baca juga
5 Perubahan Tubuh yang Ditakutkan Wanita Setelah Punya Anak, Benar Gak Moms?
source: https://www.parenting.com/

5. Kulit Kusam dan Rambut Rontok

Terakhir, tidak bisa dipungkiri perubahan hormon yang signifikan dapat memicu kerontokan rambut dan kulit kusam setelah hamil dan melahirkan. Ditambah lagi dengan kehadiran bayi yang akan membuat Mommy kehilangan waktu untuk melakukan perawatan di rumah.

Itulah beberapa perubahan tubuh yang kerap dikhawatirkan oleh para wanita setelah melahirkan. Jangan heran jika Mommy sangat disarankan untuk melakukan upaya pencegahan sejak dini, seperti dengan berolahraga hingga melakukan produk perawatan yang direkomendasikan.