Perkembangan Otak Balita

Cara otak manusia berkembang selama masa kehamilan dan selama dua tahun pertama kehidupan merupakan patokan bagaimana otak akan bekerja selama sisa hidup seseorang. Saraf yang tumbuh dan terhubung dan ditutupi dengan mielin dalam masa tumbuh kembangnya akan menciptakan sistem yang menentukan bagaimana seseorang akan berpikir dan menganalisa. Koneksi dan perubahan itu memengaruhi sistem sensorik, pembelajaran, memori, perhatian, kecepatan pemrosesan, kemampuan untuk mengendalikan impuls dan suasana hati, dan bahkan kemampuan untuk melakukan banyak tugas atau rencana.

Untuk bisa mengoptimalkannya, dibutuhkan asupan makanan yang cukup dan tepat sehingga otak dapat berkembang dengan lebih baik.

Daftar Nutrisi Penting yang Dibutuhkan Balita untuk Perkembangan Otak
source: https://www.usnews.com/


 

Meskipun begitu, tidak menutup fakta pula bahwa tempat tinggal seorang anak, dan bagaimana mereka dibesarkan dan dirawat, juga memiliki peran penting untuk koneksi dan perkembangan sel-sel otak ini. Selain itu, menyusui juga dapat menciptakan perubahan besar pada perkembangan otak anak, bukan hanya karena ASI adalah makanan pertama yang sempurna tetapi juga karena kontak dekat dengan ibu yang memicu impuls positif pada perkembangan otak anak.

Daftar Nutrisi Penting yang Dibutuhkan Balita untuk Perkembangan Otak
source: https://tonusjournal.com/
baca juga


Nutrisi Penting untuk Perkembangan Otak Anak

Nah, berikut ini adalah beberapa kandungan nutrisi yang diperlukan untuk perkembangan otak yang sehat. Beberapa diantaranya adalah:

  • Protein. Protein dapat ditemukan dalam daging, unggas, makanan laut, kacang-kacangan, telur, produk kedelai, dan biji-bijian, serta susu.
  • Seng. Menariknya, makanan yang mengandung seng paling banyak adalah tiram, tetapi seng juga ditemukan di beberapa jenis daging, ikan, produk susu, dan kacang-kacangan.
  • Zat Besi. Daging, kacang-kacangan dan lentil, sereal dan roti, sayuran berdaun gelap, dan kentang panggang adalah beberapa sumber zat besi terbaik.
  • Kolin. Daging, susu, dan telur memiliki banyak kandungan kolin, tetapi kolin juga banyak ditemukan dalam sayuran dan makanan lainnya.
  • Folat. Nutrisi yang sangat penting bagi ibu hamil ini dapat ditemukan di hati, bayam, sereal dan roti yang diperkaya, serta makanan lainnya.
  • Yodium. Rumput laut adalah sumber yodium yang sangat direkomendasikan, tetapi Mommy juga dapat mendapatkannya dari garam beryodium, makanan laut, produk susu, dan biji-bijian yang diperkaya.
  • Vitamin A. Vitamin A dapat ditemukan dalam hati, wortel, ubi jalar, dan bayam.
  • Vitamin D. Ini adalah "vitamin sinar matahari," dan cara terbaik untuk mendapatkannya adalah memperbanyak aktivitas di luar ruangan. Selain itu, daging ikan berlemak seperti salmon juga memiliki kandungan vitamin ini, seperti halnya minyak hati ikan.
  • Vitamin B6. Sumber vitamin B6 terbaik adalah hati dan daging organ lainnya, ikan, kentang dan sayuran bertepung lainnya, dan buah-buahan.
  • Vitamin B12. Vitamin B12 secara alami ditemukan dalam produk hewani, seperti daging, ikan, telur, dan susu.
  • Asam lemak tak jenuh ganda rantai panjang. Salah satu yang dimaksud asupan asam lemak tak jenuh ganda rantai panjang adalah asam lemak omega-3. Ini asupa yang paling mudah ditemukan di ikan berlemak dan minyak ikan.
Daftar Nutrisi Penting yang Dibutuhkan Balita untuk Perkembangan Otak
source: https://www.inverse.com/

Tidak bisa dipungkiri, bagi sebagian wanita hamil dan anak-anak, mendapatkan semua nutrisi ini merupakan hal yang tidak mudah dan cenderung sulit. Apalagi jika anak-anak memiliki alergi atau cenderung picky eater. Solusi terbaiknya adalah bertemu dengan ahli gizi yang mungkin bisa membantu memberikan saran dan rekomendasi tentang asupan nutrisi penting tersebut.