Merasakan Pesona dan Keagungan Nusantara di Candi Borobudur

Candi Borobudur adalah salah satu ikon utama tempat wisata di Jawa Tengah yang Penuh Makna dan filosofi. Candi yang dibangun pada wangsa Syailendra di tahun 800M ini memiliki keagungan makna dan filosofi kehidupan yang tertera pada relief-reliefnya. Dibutuhkan pemandu agar Moms bisa memahami makna wiracarita yang tertuang pada relief-relief Candi Borobudur mulai dari bagian bawah atau kamadatu, bagian tengah atau rupadatu dan bagian atas atau arupadatu. Jika dilihat dari atas, Candi Borobudur membentuk pola mandala yang merupakan konsep alam semesta menurut agama Buddha.

Segala cerita yang tertuang pada relief termasuk perjalanan kita mengelilnginya mengandung makna dan filosofi mendalam tentang kehidupan manusia dan makhluk lainnya di muka bumi, yang jika diresapi memiliki kedalaman nilai yang sangat agung dan indah. Mengajak si kecil berlibur ke tempat ini akan menjadi pengalaman berlibur yang menarik dan memperluas wawasan nusantara. Ditambah pemandangan sekitar yang sangat indah dilhat dari bagian atas candi, membuat berwisata ke Borobudur tak akan pernah membosankan. Jadi, jangan lewatkan berkunjung ke Borobudur jika Moms sedang berada di Magelang, Jawa Tengah, ya!

Merasakan Pesona dan Keagungan Nusantara di Candi Borobudur

Mereguk ketenangan batin di Candi Cetho dan Sukuh di Karanganyar

Tempat wisata penuh makna dan filosofi berikutnya di Jawa Tengah adalah Candi Cetho dan Sukuh di Karanganyar. Kedua candi ini memang letaknya relatif jauh dengan medan menanjak yang cukup menantang di lereng Gunung Lawu. Namun, setiba di sana, Moms akan dibuat berdecak kagum atas megahnya bangunan Candi yang unik berbentuk mirip piramida juga kesegaran alam sekitar yang masih asri dan alami.Candi Cetho dan Sukuh adalah dua candi yang dikenal sebagai Candi Hindu dan menjadi tempat olah batin para pelaku kepercayaan Jawa.

Keduanya merupakan Candi yang berdiri kurang lebih pada abad ke-15 SM dan merupakan candi dharma di mana umat Hindu dan kepercayaan Jawa kerap melakukan pemujaan, selain bersemedi dan bermeditasi di sini. Filosofi Jawa dan kehidupan terukir memenuhi relief-relief candi dan menjadi keunikan yang berbeda dengan candi-candi lain di Jawa. Penasaran? Segera kunjungi kedua candi eksotis ini ketika berlibur di Jawa Tengah dan melintasi Karanganyar, Moms!

Mereguk ketenangan batin di Candi Cetho dan Sukuh di Karanganyar
baca juga

Keindahan dan Keagungan Warisan Budaya Jawa di Keraton Solo dan Yogyakarta

Buat Moms yang berkesempatan singgah dan menikmati liburan di dua kota paling terkenal di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, sebaiknya Moms tidak melewatkan kunjungan ke keraton Solo dan Yogyakarta. Keindahan arsitektur keraton dan benda-beda pusaka peninggalan Raja-raja jaman dahulu akan membawa Moms ke nostalgia kejayaan nusantara dan tentu akan menambah kecintaan pada tanah air. Kekhasan masing-masing keraton melalui bentuk dan pilihan warna yang mengandung makna dan filosof tersendiri pun pantang dilewatkan dalam sesi berfoto, agar momen liburan dapat terabadikan dengan baik.

Keindahan dan Keagungan Warisan Budaya Jawa di Keraton Solo dan Yogyakarta

Keindahan Pantai Parangtritis, Cantik dan Mistis!

Masih di Yogyakarta, bergerak ke selatan arah Bantul, persiapkan diri Moms untuk menikmati keindahan senja pantai selatan di Parangtritis. Pantai yang terkenal dengan mistisme kisah Nyi Roro Kidul ini memang menyimpan sejuta misteri, keanggunan dan filosofi Jawa yang tersohor di seluruh nusantara. Laut selatan disebut-sebut sebagai tempat kerajaan ghaib lelembut tanah Jawa yang memiliki tugas menjaga tanah Jawa dari mara bahaya dan kehancuran. Oleh sebab itu, ada beberapa pantangan yang wajib dipatuhi wisatawan ketika berkunjung di Parangtritis, seperti himbauan untuk tidak memakai baju hijau, dilarang berbuat dan berkata buruk, juga harus menjaga kebersihan laut dan pantai agar terhindar dari hal-hal yang tidak dinginkan.

Keindahan Pantai Parangtritis, Cantik dan Mistis!

Nah, menarik kan, Moms rekomendasi tempat wisata di Jawa Tengah yang penuh makna dan filsofi ini? Selamat berlibur, Moms!