Kini, air purifier atau mesin penyaring udara makin marak diminati oleh konsumen. Mengingat betapa pentingnya udara bersih bagi kesehatan pernafasan. Sayangnya, mesin penyaring udara ini memiliki harga yang cukup menguras kantong. Setara sih dengan fungsinya yang luar biasa. Dipasaran, harga mesin penyaring udara sangat beragam mulai dari Rp3 juta hingga belasan juta tergantung kapasitasnya.

Namun bagi Moms yang belum bisa menyediakan dana untuk membeli mesin penyaring udara, tak perlu berkecil hati karena masih ada satu cara yang mudah untuk menyiasatinya. Moms cukup memperbanyak ragam tanaman ini disudut-sudut rumah. Tak hanya hemat, rumah Moms pun akan menjadi lebih indah dan segar.

1. Lili Perdamaian

Tak Hanya Indah, 5 Jenis Tanaman Ini Bisa Jadi Penyaring Debu Alami, Lho

Pernah lihat bunga jenis ini? Sekilas seperti mangkuk ya, Moms. Ternyata, tanaman lili perdamaian ini menjadi salah satu tanaman yang bisa menyaring debu, lho. Memiliki nama ilmiah Spathiphyllum sp. dan termasuk ke dalam keluarga Araceae membuat tanaman ini lebih terkenal sebagai tanaman evergreen perenials (tanaman yang tidak bergantung pada musim). Bunganya berwarna putih dan menghasilkan aroma yang lembut membuat tanaman ini sangat cocok untuk dijadikan hiasan meja atau sudut ruangan.

Tak perlu khawatir akan layu, pasalnya tanaman lili perdamaian ini tidak butuh sinar matahari yang banyak. Selain debu, ada beragam jenis zat kimia yang bisa disaring oleh tanaman ini, seperti:

  • Gas benzena
  • Gas karbonmonoksida
  • Gas formaldehida
  • Gas trichloroethylene, dan
  • Gas xylene
baca juga

2. Lili Paris

Tak Hanya Indah, 5 Jenis Tanaman Ini Bisa Jadi Penyaring Debu Alami, Lho

Lili paris atau seringkali disebut spider plants merupakan jenis tanaman yang sangat mudah beradaptasi di dalam ruangan tanpa menganggu pertumbuhannya. Memiliki nama ilmiah Chlorophytum comosom dan termasuk ke dalam keluarga Asparagaceae memang sudah banyak dikenal sebagai tanaman penyaring udara. Tanaman lili paris membutuhkan penyinaran yang cukup sehingga lebih banyak dijadikan sebagai tanaman gantung.

Meskipun jenis lili paris ini tidak berbunga, warna salur yang timbul dari daun tetap bisa mempercantik rumah bahkan rumah. Lili paris sangat mudah menguning jika kekurangan air, meskipun begitu, jenis lili paris itu tidak membutuhkan penyiraman yang berlebihan. Tak hanya debu, lili paris bisa menyaring gas-gas berbahaya seperti:

  • Gas formaldehida
  • Gas xylene

3. Philodendron

Tak Hanya Indah, 5 Jenis Tanaman Ini Bisa Jadi Penyaring Debu Alami, Lho

Pernah lihat jenis tanaman ini di pinterest atau feed instagram? Ya, pasalnya jenis tanaman ini sangat artistik dan instagramable. Memiliki nama ilmiah Philodendron sp. dan termasuk keluarga Araceae ini menjadi salah satu tanaman penghias rumah yang paling banyak diminati. Terutama untuk tanaman philodendron yang berdaun besar dengan bentuk daun seperti di makan ulat.

Biasanya, philodendron ini dijadikan tanaman gantung terutama untuk jenis daun yang kecil. Meskipun tidak menghasilkan bunga, philodendron tetap terlihat indah dan instagramable, tanaman philodendron juga bisa menyaring debu dan gas berbahaya jenis formaldehida. Multifungsi banget ya, Moms.

baca juga

4. Palm

Tak Hanya Indah, 5 Jenis Tanaman Ini Bisa Jadi Penyaring Debu Alami, Lho

Sudah tidak asing lagi dong dengan tanaman palem ini? Popularitas tanaman palem ini seakan tidak pernah berhenti. Pasalnya, tanaman palem menjadi tanaman favorit bagi interior juga exterior designer. Tak heran, tanaman palem ini sangat mudah untuk ditemui di halaman bahkan di dalam rumah sekalipun. Menambahkan tanaman palem di area rumah ternyata sangat baik untuk udara.

Tanaman palem ini selain indah juga memiliki fungsi sebagai penyaring udara mulai dari debu hingga gas-gas berbahaya seperti:

  • Gas benzena
  • Gas karbonmonoksida
  • Gas formaldehida
  • Gas trichloroethylene, dan
  • Gas xylene

Sangat cocok untuk Moms yang memiliki rumah dipinggir jalan besar, nih!

5. Karet Kebo

Tak Hanya Indah, 5 Jenis Tanaman Ini Bisa Jadi Penyaring Debu Alami, Lho

Terakhir, tanaman karet kebo. Meskipun terkesan berat dan besar, ternyata tanaman karet ini sangat baik fungsinya untuk menyaring udara. Memiliki nama ilmiah Ficus elastica dan termasuk ke dalam keluarga Moraceae. Tidak seperti tanaman karet biasanya yang tinggi dan besar, tanaman karet kebo ini pertumbuhannya terbilang lebih wajar dan bisa beradaptasi dalam pot bunga.

Daunnya yang tebal dan hijau dapat membuat rumah menjadi lebih terlihat sejuk dan nyaman. Tak hanya menyaring udara, tanaman karet kebo juga bisa menyaring gas-gas berbahaya seperti:

  • Gas xylene
  • Gas benzena
  • Gas formaldehida, dan
  • Gas trichloroethylene

Nah itulah ragam tanaman hijau yang bisa mempercantik juga menyaring udara. Menyediakan udara yang bersih dan segar merupakan salah satu tugas kita. Yuk mulai hiasi rumah dengan tanaman hijau!