Lemak jenuh berbeda dengan lemak tak jenuh. Lemak jenuh tentu berbahaya jika menimbun di dalam tubuh, karena bisa menyebabkan berbagai penyakit seperti kolesterol tinggi, jantung, dan penyakit berbahaya lainnya. Lemak jenuh atau lemak trans biasanya berasal dari susu, daging-dagingan, dan produk makanan olahan.

Manfaat Lemak Tak Jenuh

Sementara lemak tak jenuh justru dibutuhkan tubuh karena memiliki manfaat antara lain dapat meningkatkan kolesterol baik yang dibutuhkan tubuh, menghindari terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah, mampu meningkatkan sensitivitas insulin, serta mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan stroke. Lemak tak jenuh juga dibagi menjadi dua, yakni lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda. Moms bisa menemukan beberapa makanan yang mengandung lemak tak jenuh seperti yang sudah dijabarkan di bawah ini.

Manfaat Lemak Tak Jenuh
baca juga

Ikan Salmon

Ikan salmon masuk ke dalam jenis lemak tak jenuh ganda karena mengandung asam lemak omega 3 dan omega 6. Asam lemak tersebut bermanfaat bagi kesehatan jantung. Untuk lebih mendaptkan kandungan dari ikan salmon yaitu asam lemaknya, sebaiknya tidak sajikan ikan salmon dengan cara digoreng.

Menggoreng ikan salmon justru akan mandambah kandungan kalori pada ikan dan lemak jenuh. Sebaiknya mengolah dengan cara direbus atau dikukus. Selain ikan salmon, ikan lain yang mengandung lemak tak jenuh antara lain ikan tuna, mackerel, dan herring.

Ikan Salmon

Alpukat

Alpukat menjadi salah satu buah yang mengandung segudang manfaat karena mengandung banyak nutrisi. Alpukat juga mengandung lemak tak jenuh tunggal. Tenang saja, lemak yang terkandung di di dalam alpukat tersebut tidak menyebabkan moms mengalami kelebihan berat badan. Alpukat pun sering dijadikan menu diet karena mampu membantu menurunkan berat badan. Alpukat sangat berkhasiat bagi kesehatan jantung, mengatasi masalah sistem pencernaan, mengontrol gula darah, serta mengatasi diabetes.

Alpukat
baca juga

Minyak Zaitun

Lemak tak jenuh tunggal lainnya terdapat di dalam minyak zaitun. Jika moms ingin menggoreng makanan tertentu, sebaiknya ganti minyak moms dengan minyak zaitun yang membantu menurunkan kolesterol jahat.

Minyak Zaitun

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung omega 3 yang merupakan jenis asam lemak baik yang memberi manfaat bagi kesehatan jantung. Kacang-kacangan bisa menjadi camilan sehat karena mampu mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan mecegah terkena obesitas. Salah satu jenis kacang-kacangan yang mengandung lemak tak jenuh dan bagus untuk kesehatan jantung adalah kacang kenari. Selain kenari, kecap yang berbahan dasar dari kacang-kacangan juga mengandung lemak tak jenuh.  

Kacang-kacangan

Biji-bijian

Beberapa biji-bijian yang mengandung lemak tak jenuh ganda antara lain biji wijen, biji labu, biji bunga matahari bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol. Selain lemak tak jenuh, biji-bijian juga mengandung banyak nutrisi lain seperti serat dan protein yang sangat dibutuhkan tubuh. Meski mengandug lemak tak jenuh, jangan berlebihan mengkonsumsi makanan ini ya, moms, karena biji-bijian mengandung lebih banyak garam. 

Biji-bijian

Bayam dan Kubis

Sayur-sayuran seperti bayam dan kubis juga mengandung lemak, tetapi tentu lemak tersebut aman dan baik bagi kesehatan. Bayam dan kubis tinggi kandungan omega 3, serta serat yang menyehatkan sistem pencernaan. Maka dari itu sebaiknya konsumsi bayam dan kubis secara rutin, moms.

Bayam dan Kubis