1. Selalu Mendahulukan Orang Lain

Sering Disepelekan, Ini 4 Kesalahan Finansial yang Kerap Dilakukan
source: https://www.usnews.com/

Saat Mommy sedang berpergian dengan pesawat terbang, pasti Mommy tahu bahwa Mommy tidak boleh memasangkan alat bantu pernafasan untuk orang lain sebelum memakainya untuk diri sendiri terlebih dahulu. Hal ini sebenarnya dapat menjadi kiasan yang tepat untuk menggambarkan bagaimana Mommy seharusnya menjalani kehidupan, khususnya untuk urusan keuangan. Di tahap awal menuju keuangan yang lebih stabil, pastikan Mommy untuk mengetahui segala kebutuhan pribadimu sebelum akhirnya menganggarkan untuk orang lain (orangtua atau saudara). 


2. Terbiasa dengan Hutang Piutang

Sering Disepelekan, Ini 4 Kesalahan Finansial yang Kerap Dilakukan
source: https://realestatecowboysdfw.com/

Memiliki kebiasaan menghutang dan memberi hutang adalah hal sederhana yang dapat berdampak serius pada kondisi keuangan seseorang. Kebiasaan berhutang dapat membuat Mommy menjadi lebih menggampangkan masalah uang karena merasa bahwa segala sesuatu dapat diatasi dengan berhutang. Di sisi lain, menghutangkan orang lain juga dapat menjadi perilaku yang tidak sehat untuk diri sendiri di mana Mommy kehilangan kontrol untuk mengelola sejumlah uang yang seharusnya ada. Apalagi jika orang-orang yang diberikan hutang cenderung kurang terpercaya untuk mengembalikan pinjamannya.

baca juga


3. Menghindari Pencatatan Keuangan yang Detail

Sering Disepelekan, Ini 4 Kesalahan Finansial yang Kerap Dilakukan
source: https://www.jw.org/

Saat pengeluaran bulanan terasa meledak, tidak ada salahnya untuk melakukan rekapitulasi pengeluaran yang sudah dilakukan selama satu bulan ke belakang. Hal ini penting untuk mengetahui apa yang sebenarnya membuat pengeluaran bulan ini berlebih dari anggaran yang sudah ditetapkan. Sayangnya, kebanyakan orang menghindari hal ini karena takut mengetahui pengeluarannya yang memang kurang sehat dan tidak diperhitungkan dengan matang.


4. Selalu Memaklumkan Pengeluaran Kecil

Sering Disepelekan, Ini 4 Kesalahan Finansial yang Kerap Dilakukan
source: https://livingnomads.com/

Terakhir, kalau pun seseorang sudah berani untuk merekap ulang segala pengeluaran bulanannya, masih ada hal lain yang dapat menjadi masalah selanjutnya. Ya, kebiasaan memaklumkan pengeluaran-pengeluaran kecil yang tidak penting. Sadarilah bahwa ada banyak pengeluaran kecil yang sebenarnya berpengaruh besar dalam kondisi keuanganmu. Jika Mommy menginginkan keuangan yang lebih teratur dan disiplin, tegaslah pada diri sendiri.