Gambar Hitam Putih

Bayi baru lahir hanya dapat melihat hitam putih dengan jarak pandang sekitar 10-25 cm ketika berusia 0 – 1 bulan. Seiring dengan berjalannya waktu, jarak pandangnya bertambah jauh. Ketika Moms tunjukkan gambar hitam putih pada bayi baru lahir, maka ia akan memperhatikannya dan tertarik dengan gambar tersebut. Bayi baru lahir juga senang dengan mainan yang digantung, coba gerakan atau geser mainan itu perlahan dan amati apakah mata bayi sudah dapat mengikuti arah gerakan tersebut.

Gambar Hitam Putih
source: https://www.majalahpama.my/

Mainan dengan Cermin

Bayi usia 3 bulan senang bercermin, ia akan gemar melihat refleksi dirinya pada cermin. Bila diberikan mainan yang ada cerminnya, ia dapat menghabiskan waktu lama untuk tertawa sambil bercermin. Selain itu bayi usia 3-4 bulan tertarik dengan mainan yang digantung. Pada usia ini fungsi mata bayi sudah lebih baik. Ia dapat melihat warna dengan jarak pandang lebih jauh. Bayi mulai dapat menggapai mainan yang digantung dan mulai mengeluarkan suara-suara sebagai ungkapan komunikasinya.

Mainan dengan Cermin
source: https://siraplimau.com/
baca juga

Mainan Lunak (soft toys)

Di Perancis ada sebuah mainan lunak yang sudah terkenal sejak 40 tahun yang lalu, yaitu Mainan Jerapah Sophie. Seperti dilansir Theasiaparent, Menurut data tahun 2010, sudah 816.000 boneka ini terjual, sedangkan jumlah bayi yang lahir adalah 828.000, berarti ada begitu banyak bayi yang memiliki boneka ini.

Boneka ini digemari karena bayi mulai bisa belajar menggigit dengan boneka ini. Dan mainan ini dipastikan memiliki bahan yang aman untuk bayi.

Mainan Lunak (soft toys)
source: https://www.tokopedia.com/

Buku Bayi

Kata siapa Moms tidak bisa memperkenalkan buku pada bayi. Moms bisa kok memberikan buku bayi pada si kecil yang sudah berusia 5 bulan. Karena pada usia ini, bayi sudah senang menggosok-gosokkan tangannya ke berbagai permukaan benda. Berikan berbagai tekstur agar merangsang indera perasanya.

Nah, Moms bisa memperkenalkan buku khusus untuk bayi yang terbuat dari kain dan memiliki tekstur berbeda-beda di setiap halamannya. Bacakan cerita setiap hari sebelum tidur, untuk membudayakan membaca sejak dini.

Buku Bayi
source: https://www.lazada.co.id/
baca juga

Bola

Mainan terakhir yang bisa Moms berikan pada si kecil dengan usia 0-6 bulan adalah bola. Mainan yang satu baik untuk merangsang kemampuannya merangkak. Ia dapat menyentuh bola sehingga menggelinding, lalu merangkak untuk meraihnya. Begitu seterusnya, sehingga ia maju secara bertahap mengikuti bola. Bola bertekstur (seperti pada foto di atas) dapat melatih kemampuan sensori bayi. Biasanya mainan bayi ini juga dapat berbunyi bila dipencet, sehingga melatih logika sebab-akibat anak.

Bola
source: https://my-best.id/

Nah Moms, itu 5 rekomendasi mainan bayi dengan rentang usia 0-6 bulan. Semua mainan yang disebutkan tadi bagus sekali untuk merangsang kemampuan sensori, motorik, dan logikanya. Semoga informasi ini bermanfaat, ya.