Cara BJ Habibie mendidik anak dalam bidang agama selama di Jerman

BJ Habibie tak hanya dikenal sebagai seorang ilmuwan jenius yang menguasai berbagai bidang teknologi, terutama teknologi pesawat terbang. Namun ternyata, beliau ini juga seorang yang religius dan juga rajin ibadah Moms. 

Dari buku autobiografinya, mantan presiden RI yang sering mendapat julukan 'Mr. Crack' ini memang kerap bercerita jika beliau berasal dari keluarga Islam terpandang di Sulawesi Selatan. Maka tak heran jika beliau sangat mengedepankan nilai-nilai agama dalam kesehariannya. Termasuk dalam mendidik anak.

Ternyata Begini Cara Mengajarkan Pendidikan Agama Ala BJ Habibie
source: https://m.dream.co.id/amp/dinar/jarang-yang-tahu-begini-pekerjaan-putra-putri-bj-habibie-190913t.html

Seperti dilansir dari laman Haibunda, Ilham Habibie, putra sulung BJ Habibie bercerita jika ia dan adiknya jarang mendapatkan teori agama Islam dari sang ayah. Karena dia juga tinggal di Jerman, jadi ia tidak punya kesempatan untuk belajar agama secara intensif dan formal seperti di Indonesia.

"Di rumah ya paling dulu saya pernah dapat les ngaji, dan itu sebetulnya enggak terlalu intensif. Jadi, tidak seperti di Indonesia. Di Indonesia kan beda ya karena di sini agama itu menjadi bagian dari pendidikan formal yang lebih intensif, lebih luas. Jadi Jerman tidak seperti itu," ungkap Ilham Habibie.

Namun, ada cara menarik yang dilakukan BJ Habibie ketika mengajarkan pendidikan agama pada anak-anaknya, yaitu praktik langsung. 

Cerita Ilham Habibie ketika diajak sang ayah berangkat haji ke Mekkah

Dari pengajaran agama secara praktik langsung yang diajarkan BJ Habibie kepada anak-anaknya, ada satu pengalaman yang paling membekas diingat putra sulung almarhum tersebut, yaitu ayahnya mengajak untuk ibadah haji di usia 20 tahun. Padahal, menurutnya saat itu ia masih belum siap secara mental untuk pergi haji.

Ternyata Begini Cara Mengajarkan Pendidikan Agama Ala BJ Habibie
source: http://news.rakyatku.com/amp/98922
"Saya sebenarnya terus terang, secara mental belum siap. Kok saya harus haji? Saya kan belum siap. Tapi, ikut aja. Ya sudah ikut," Cerita Ilham ketika baru saja pulang dari summer vacation di Boston dan langsung diajak sang ayah menunaikan haji.
source: http://news.rakyatku.com/amp/98922

Karena di Jerman tak ada manasik haji seperti di Indonesia, maka Ilham belajar dan mengikuti pimpinan rombongan mereka saat itu. 

baca juga

Tapi justru ajakan ayahnya tersebut yang berdampak transformatif bagi Ilham. Setelah pergi ke Baitullah tersebut, ia menjadi mengerti maksud dari sang ayah. Habibie ingin menunjukkan Islam yang sesungguhnya kepada Ilham. Tidak hanya pada teori dan ritual.

 

Ternyata Begini Cara Mengajarkan Pendidikan Agama Ala BJ Habibie
source: https://www.haibunda.com/parenting/20191022155255-62-63249/luar-biasa-cara-habibie-ajarkan-agama-pada-anak-saat-di-jerman
"Jadi, saya mengerti Bapak belakangan. Kenapa? Karena Bapak mau kasih lihat saya, 'gini Ham, kamu harus mengerti'. Jadi saya langsung dicemplungin ke kolam gitu, belum bisa berenang," cerita Ilham.
source: https://www.haibunda.com/parenting/20191022155255-62-63249/luar-biasa-cara-habibie-ajarkan-agama-pada-anak-saat-di-jerman

Ilham juga mengibaratkan pelajaran agama yang diberikan ayahnya seperti ia sedang melakukan OJT (On The Job Training). Belajar sambil praktik. Menurut Ilham, justru hal inilah yang dapat menghidupkan nilai-nilai Islam dalam dirinya, dibandingkan hanya teori dan ritual.

Menurutnya lagi, dalam pelajaran agama, sang ayah memang lebih sering memberikan contoh dan praktik langsung. Dan ternyata hal ini efektif menanamkan nilai-nilai Islam pada diri Ilham dan adiknya.

Pentingnya memberi contoh dan praktik langsung dalam mendidik agama pada anak

Tak hanya pendidikan formal agama yang bisa didapat anak di sekolahnya, namun dari rumah pun Moms bisa mencontohkan langsung nilai-nilai agama agar anak menjadi pribadi yang baik dan religius.

Seperti yang dicontohkan bapak BJ Habibie yang mengikutsertakan langsung sang anak menunaikan ibadah haji, agar si anak mengerti dan tumbuh nilai-nilai islami dalam dirinya. Perlu diingat Moms, anak akan lebih mengerti dan paham jika kita memberi contoh terlebih dahulu dibanding mendengar teori-teori yang ada.

Ternyata Begini Cara Mengajarkan Pendidikan Agama Ala BJ Habibie
source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn%3AANd9GcT5g9HVxsy6d8n843ad-0l7ttXtcI0pEo2URyWF_eFYE5Eq25vL

Cara berikutnya, Moms bisa mengajak si kecil shalat berjamaah di masjid, menghadiri pengajian ataupun acara-acara keagamaan lainnya agar memberikan pengalaman tersendiri bagi sang anak akan pendidikan agama.

Selain itu, dari sikap dan perbuatan, Moms bisa mencontohkan sikap terpuji sepeti kejujuran, cinta kebersihan dan hormat pada orang tua. Sikap-sikap seperti itu yang saat ini dibutuhkan dalam mendidik anak terutama dalam bidang agama agar tak terjadi degradasi moral.

Semoga informasi ini bermanfaat, Moms!