Dilansir dari HaiBunda, lemon sangat efektif dalam meningkatkan energi ibu menyusui. Lemon juga dapat meningkatkan kualitas ASI yang dikeluarkan untuk si kecil. Seorang konsultan laktasi dan pakar diet di Nationwide Children Hospital, Michelle Ross, RD, LD, ALC, berpendapat "Penting bagi ibu menyusui untuk menjaga diri dengan makan makanan bergizi, tetap terhidrasi, dan beristirahat cukup jika memungkinkan sehingga mereka lebih memiliki banyak energi serta tetap sehat," ujar Michelle yang dikutip dari Womans Day.

Kandungan lemon

Tidak hanya saat hamil, asupan gizi yang dijaga. Namun, saat ibu menyusui, asupan gizi pun harus dijaga dan terpenuhi. Asupan gizi ini tidak hanya untuk si kecil, namun untuk ibu juga. Salah satu asupan yang meningkatkan energi ibu menyusui adalah lemon.Buah lemon diketahui banyak mengandung nutrisi dan vitamin yang baik bagi anak dan ibu menyusui. Kandungannya antara lain adalah riboflavin, vitamin C, kalsium, vitamin B, fosfor dan protein. Dengan kandungannya yang banyak dan baik untuk tubuh, lemon bisa dijadikan konsumsi harian untuk ibu menyusui.

Kandungan lemon
source: http://www.pixabay.com
baca juga

Konsumsi lemon

Untuk konsumsi lemon pun harus sesuai dan tidak boleh berlebihan, Moms. Moms dapat mencoba mengonsumsi lemon sekitar 1 sendok makan jus lemon yang telah dicampur dengan air. Selama mencoba jus lemon atau perasan lemon ini, perlu diperhatikan apakah ada tanda ketidakcocokan atau alergi pada buah hati. Ketika mengonsumsi air lemon selama menyusui, apakah bayi dapat menerima asinya atau cenderung ada tanda alergi pada tubuhnya. Bila tidak ada tanda alergi dan terlihat aman, Moms dapat mengonsumsi lemon untuk seterusnya.

Konsumsi lemon
source: http://www.pixabay.com

Manfaat air lemon

Selain meningkatkan kualitas asi, air lemon juga dapat meningkatkan kesehatan Moms, loh! Minum jus atau air lemon secara teratur dapat membuat Moms terhidrasi dan tubuh terasa lebih segara sepanjang hari. Sehingga, asi yang dikeluarkan untuk bayi memiliki kualitas yang baik dan bagus, seperti dikutip dari laman Parenting First Cry.

Manfaat air lemon yang lain adalah membantu menjaga kesahatan pencernaan. Air lemon dapat memperlancar pencernaan dan menghindari dari penyakit-penyakit yang berhubungan dengan pencernaan. Air lemon juga membantu menjaga kesehatan pencernaan bayi. Air lemon ini dapat mengatasi permasalahan seperti kram, gas di perut dan kembung pada perut si kecil.

Manfaat air lemon
source: http://www.motherandchild.co.za
Nah, itu dia Moms, manfaat air lemon untuk ibu menyusui dan si kecil. Apabila bosan, Moms bisa mengolah lemon menjadi cake atau mencampurnya dengan buah lain dan dibuat smoothies. Perhatikan tanda-tanda alergi pada si kecil, ya! Bila tidak cocok, segera hentikan dan konsultasikan dengan dokter.