Ciri-Ciri ASIP Basi

Menurut IDAI, ASI yang dihangatkan memang terkadang berbau seperti sabun, karena hancurnya komponen lemak. Namun tenang saja, Moms, ASI dalam kondisi ini masih aman untuk dikonsumsi anak, kok. Lalu seperti apakah ASIP basi itu?

  • Berbau tidak sedap. bau ASIP basi agak mirip dengan susu sapi basi. Tetap ada aroma susu, namun agak asam.
  • Tidak larut saat diaduk. Walaupun ASIP memang memiliki beberapa bagian yang kurang menyatu jika dimasukkan ke kulkas, namun ASIP segera akan menyatu lagi jika diaduk. Jika ASI tidak menyatu saat diaduk (bukan dikocok), atau jika terlihat ada gumpalan di ASI yang tidak akan larut, maka bisa dipastikan ASI Moms sudah basi.
  • Disimpan di kulkas lebih dari 3 hari. Kesegaran ASIP tetap terjaga jika Moms menyimpannya di kulkas (bukan freezer) selama 3-5 hari. Namun, itu tergantung temperatur dan lokasi penyimpanan ASI tersebut. Jika Moms tidak menyimpannya di ‘tengah’ kulkas, Moms menyimpannya di pintu kulkas yang sering dibuka, ASI disimpan bersama bahan makanan lain atau ASI lama, maka besar kemungkinan ASIP Moms sudah basi dalam 3 hari.
Ciri-Ciri ASIP Basi
source: https://mamapapa.id/
  • Botol ASIP tidak tertutup rapat. Jika ASI tidak ditutup dengan rapat sempurna, maka kemungkinan ASI Mommies lebih mudah basi atau terkontaminasi bakteri lebih besar. 
  • ASIP terasa asam. Cara terbaik dan termudah untuk mengetahui ASIP basi atau tidak adalah dengan mencobanya. Jika rasa ASIP Anda asam, agak mirip asamnya dengan rasa susu sapi basi, maka sebaiknya ASIP tersebut tidak diberikan pada si kecil ya, Moms.

Cara Benar Menyimpan ASIP

Moms, untuk menghindari ASIP basi, Moms bisa melakukan penyimpanan yang benar. Seperti apa cara benar menyimpan ASIP?

Perhatikan tempat penyimpanan
Moms ada berbagai pilihan tempat untuk menyimpan ASI perah, seperti botol kaca, botol plastik dengan label bebas bahan berbahaya, ataupun kemasan plastik khusus untuk ASI. Sebaiknya hindari menyimpan ASI perah dalam kemasan botol atau plastik yang biasa digunakan untuk keperluan umum. Hal ini karena tempat penyimpanan ASI turut memengaruhi kualitas ASI yang disimpan.

Jaga Kebersihan Kemasan
Moms agar ASI yang disimpan terjaga kualitasnya, penting untuk terlebih dahulu melakukan sterilisasi botol bayi atau kemasan penampung ASI perah yang akan didinginkan atau dibekukan. Lakukan sterilisasi dengan merebus botol dan bagian pompa ASI yang bersentuhan dengan kulit, dalam air panas mendidih sekitar 5-10 menit.

Perhatikan Waktu Penyimpanan
ASI perah dapat disimpan mulai dari beberapa jam hingga beberapa bulan, tergantung dari suhu penempatannya. Berikut prinsip penyimpanan ASI yang harus diketahui:
  • ASI perah tahan hingga 6 jam jika ditaruh pada suhu ruangan sekitar 25 derajat Celcius.
  • ASI perah tahan hingga 24 jam, saat disimpan dalam kotak pendingin yang ditambah kantung es (ice pack).
  • ASI perah tahan sampai 5 hari, ketika ditaruh pada kulkas bagian lemari pendingin dengan suhu minimal 4 derajat Celcius.
  • ASI perah tahan hingga 6 bulan apabila disimpan di dalam freezer dengan suhu -18 derajat Celcius atau lebih rendah lagi.
Cara Benar Menyimpan ASIP
source: https://kumparan.com/

Nah Moms, sekarang sudah tahu dong cara benar menyimpan ASIP. Jangan sampai si kecil meminum ASIP basi karena Moms tidak tahu cara benar menyimpan ASIP dan ciri ASIP basi ya, Moms. Semoga informasi ini bermanfaat Mommies.