Pengertian Diet Dukan

Dilansir dari HaiBunda, diet dukan dilakukan Kate Middleton untuk melangsingkan tubuhnya menjelang pernikahan dan menurunkan berat bedan setelah melahirkan. Diet dukan praktiknya hanya mengonsumsi sedikit karbohidrat. Diet dukan ini dipopulerkan oleh Pierre Dukan, praktisi yang meneliti tentang kegemukan. Praktisi kebangsaan Perancis ini memperkenalkan pendekatan diet Dukan melalui buku yang ditulisnya, ‘Je ne sais pas maigrir'.

Pengertian Diet Dukan
source: http://www.famousauthors.com
Dilansir dari AloDokter, kunci penurunan berat badan melalui diet dukan adalah mengonsumsi makanan tinggi protein dan rendah karbohidrat. Menurut Pierre, orang yang menjalani diet dukan dapat menurunkan 5 kg dalam seminggu. Diet dukan terbagi menjadi 3 fase, yaitu:

Attack (1-7 hari)
Tahap Attack ini akan bergantung pada asupan protein, yaitu protein hewani namun terbatas. Dianjurkan pula untuk mengonsumsi air putih dan oat meal setiap hari. Juga berjalan kaki selama 20 menit. Makanan yang boleh dimakan saat fase ini adalah ikan, kerang, daging, telur, susu bebas lemak dan protein nabati lainnya. Sedangkan makanan yang tidak boleh dikonsumsi adalah sayuran, buah, gula dan minuman alkohol.
Pengertian Diet Dukan
source: http://www.shutterstock.com
baca juga

Cruise (1-12 bulan)
Pada tahapan Cruise, makanan yang boleh dikonsumsi lebih bervariasi. Hari pertama diperbolehkan menyantap protein tanpa lemak, hari kedua, protein dengan sayuran. Asupan oatmeal dan olahraga berjalan kaki harus meningkat setiap harinya. Durasi fase ini bergantung pada seberapa banyak berat badan yang ingin diturunkan. Makanan yang boleh dikonsumsi pada fase Cruise ini tidak beda jauh pada fase Attack, hanya saja pada fase ini boleh mengonsumsi sayuran bebas pati seperti brokoli, timun, terong dan sebagainya.

Konsolidasi
Pada fase ini didesain untuk mempertahankan berat badan. Diperbolehkan untuk makan lebih banyak jenis makanan, asalkan masih dalam daftar makanan yang diperbolehkan di dua tahap awal. Ada beberapa aturan yang harus dipatuhi seperti mengonsumsi daging 1-2 kali seminggu, buah 1-2 porsi buah per hari, sayuran tanpa pati, roti gandum, sedikit karbohidrat dan oatmeal. Jangan lupa untuk tetap berjalan kaki secara cepat selama 30 menit.

Pengertian Diet Dukan
source: http://www.istock.com/milanzeremski

Cara Kerja Diet Dukan

Diet dukan dapat menurunkan berat badan karena kalori pada protein lebih rendah dan karbohidrat yang dikonsumsi hanya sedikit. Otomatis tubuh akan membakar cadangan lemak untuk energi. Selain itu, protein membuat perut cepat kenyang dan membuat jumlah makanan yang dikonsumsi lebih sedikit. Juga protein membuat rasa kenyang lebih lama, sehingga bisa mengontrol nafsu makan.

baca juga

Efek Samping Diet Dukan

Diet dukan selain dapat menurunkan berat badan juga memiki efek samping yang serius pada beberapa orang. Terutama penderita sakit ginjal, diabetes dan sakit jantung. Hal ini dikarenakan diet dukan dapat berisiko serius. Kelebihan protein pada penderita penyakit ginjal dapat membuat risiko batu ginjal meningkat. Hal ini dikarenakan kerja ginjal semakin berat. Sedangkan protein tinggi dapat menghambat produksi insulin pada penderita diabetes. Efek samping lainnya adalah perut kembung, mual, sakit kepala, konstipasi dan lemas.
Efek Samping Diet Dukan
source: http://www.gettyimages.com
Nah, itu dia Moms, serba-serbi tentang diet dukan. Beberapa pakar nutrisi berpendapat bahwa diet dukan dapat berpotensi kekurangan serat, nutrisi dan vitamin dari makanan lain. Apabila Moms ingin menjalankan diet dukan ini lebih baik konsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau ahli gizi, ya!