1. Menjaga Nafsu Makan

Rahasia Diet Sehat Ala Rasulullah, Yuk Ikuti Pola Makannya, Moms!
source: https://www.freepik.com/

Rasulullah sangat sederhana dalam urusan makanan. Beliau tidak suka dengan pola makan yang berlebihan. Itulah sebabnya, beliau selalu memilah makanan yang benar-benar sehat dan cukup untuk kebutuhan tubuhnya. Rasul juga cenderung menghindari makanan yang mengandung asupan gula, garam, serta lemak berlebih untuk asupan sehari-hari. Tentu ini sangat berbeda dengan kebanyakan orag yang cenderung makan karena nafsu, bukan karena kebutuhan tubuh. 


2. Menjalani Puasa Sunah 

Rahasia Diet Sehat Ala Rasulullah, Yuk Ikuti Pola Makannya, Moms!
source: https://freerangestock.com/

Untuk dapat mengendalikan nafsu makan yang berlebih, seseorang bisa menerapkan latihan dengan rutin berpuasa sunah. Di masa hidupnya, Rasulullah hampir tidak pernah absen untuk berpuasa Senin-Kamis. Selain mendapatkan pahala kebaikan, puasa sunah ini juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

baca juga


3. Perbanyak Asupan Sayur dan Buah

Rahasia Diet Sehat Ala Rasulullah, Yuk Ikuti Pola Makannya, Moms!
source: https://www.heart.org/

Jangan pernah sepelekan asupan sayur dan buah setiap hari. Tidak hanya sehat, buah-buahan juga mengandung asupan gula alami yang baik untuk tubuh. Yang pasti, kita tidak perlu khawatir dengan asupan gula yang tinggi seperti yang ada dalam nasi dan mie. Sayur dan buah juga kaya akan nutrisi dan vitamin yang berperan penting dalam kesehatan tubuh.


4. Mengonsumsi Habbatussauda

Rahasia Diet Sehat Ala Rasulullah, Yuk Ikuti Pola Makannya, Moms!
source: https://health.detik.com/

Terakhir, Rasulullah juga rutin mengonsumsi habbatussauda atau jintan hitam. Asupan herbal ini dipercaya dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Bahkan, bahan herbal ini juga dipercaya sebagai obat dari semua penyakit karena manfaatnya yang sangat banyak. Kandungan Habbatussauda berperan baik dalam mengatur kembali keseimbangan hormon yang berpengaruh besar pada fungsi seluruh organ dalam tubuh. Selain itu, hormon yang seimbang juga berperan penting dalam meningkatkan kekebalan tubuh dalam menghadapi infeksi penyakit.