Menjaga kebersihan menjadi hal utama dalam merawat bayi. Hal ini tentu agar si kecil terhidar dari kuman-kuman jahat penyebab penyakit. Tak hanya bayi yang moms pastikan akan kebersihannya, tapi juga diri moms sendiri.

Dilansir dari laman Haibunda, Dokter Reisa Broto Asmara mengingatkan agar para moms membersihkan tangan terlebih dahulu saat akan menggantikan popok si kecil. Hal yang sama wajib moms lakukan setelah mengganti popok kotor. Hal ini dapat menghambat penyebaran bakteri ke area tubuh lain pada bayi.

“Sebelum menggantikan popok pastikan tangan kita bersih. Karena disamping menggantikan popok kita juga memegang bayinya,” ungkap Dr Reisa.  

Dalam sebuah  video singkat sang dokter juga mempraktikkan cara tepat ketika ingin menggantikan popok untuk si kecil. Sebelum memastikan untuk membuka popok, mencari tempat yang nyaman untuk mengganti popok baik moms dan bayi jadi hal utama. Setelahi itu mulai membuka popok yang telah dikenakan si bayi. Sebelum memakaikan popok yang baru, membasuh area organ intim sangat dianjurkan. Gunakan air bersih yang mengalir. Hal ini tentu untuk meminimalisir terjadinya iritasi pada kulit bayi yang masih sangat sensitif. Cara membasuhnya tak sembarangan ya, moms. Meski sepele hal ini bisa berpengaruh pada kesehatan bayi.

"Basuh area kelamin dan sekitarnya dengan air mengalir dari depan ke belakang. karena jika sebaliknya bakteri dari area belakang bisa masuk ke kelamin. Ini berlaku baik untuk bayi perempuan ataupun laki-laki," terangnya.

Agar Bebas dari Kuman, Ini Tips Mengganti Popok Bayi

Setelah menyiramnya tak lupa untuk menggunakan sabun. Gunakan sabun yang ringan dan aman untuk bayi. Setelah itu bilas hingga bersih, dan tak ada sisa sabun yang tertinggal pada area tersebut. Jika sudah keringkan seluruh bagian intim dan sekitarnya. Keringkan dengan lembut dan hindari menggosok kulit dengan handuk saat proses mengeringkan. Ini akan membuat kulit bayi iritasi. Lalu dilanjutkan dengan mengenakan popok yang bersih.

Jika hal tersebut selalu moms lakukan peluang si kecil memiliki ruam akan semkain berkurang. Namun demikian tetap lakukan cara yang sama jika sudah terlanjur ruam. Jangan lupa gunakan krim khusus untuk obati ruamnya.

“Yang perlu diperhatikan adalah mengaplikasikan krim hanya pada aera organ intim yang terkena ruam. Jangan sampai pada alat kelaminnya,” papar dr Reisa.

Lebih lanjut agar agar bayi tak mengalami ruam popok adalah pemilihan ukuran popok itu sendiri. Pilih ukuran popok yang tepat dan tak terlalu ketat. Popok yang terlalu ketat menyebabkan kulit bayi mudah lembap sekaligus dapat menyebabkan bayi menderita radang pinggang atau paha. Hal ini bisa dibarengi dengan sesekali memberi ruang kepada bayi tanpa popok. Moms bisa menaruh si kecil di atas handuk besar dan biarkan bayi bermain tanpa popok untuk beberapa saat. Beri kesempatan kulitnya terpapar udara segar, setelah terlalu lama dibatasi oleh popok yang menyebabkan kulit lembap.

Agar Bebas dari Kuman, Ini Tips Mengganti Popok Bayi