Dilansir dari Haibunda, Sara Bean, M.Ed., yang juga merupakan seorang penulis dan konselor sekolah, mengatakan bahwa para orangtua sebaiknya tidak mencoba untuk mengontrol atau mengendalikan anak-anak saat mereka sedang mengamuk atau tantrum. Pasalnya, usaha ini akan sia-sia sebab mereka akan bertambah emosi.

Jangan Marah, Moms! Coba Redakan Tantrum Anak dengan Kata-kata Cinta
source: https://homemaking.com/

Bean mengatakan bahwa usaha menenangkan anak yang sedang tantrum tidak akan dapat menghentikan emosi si anak. Dengan kata lain, Mommy akan mendapati si kecil semakin mengamuk dengan jeritannya. Sebaliknya, cara tepat untuk bisa membangun pendidikan emosi yang tepat adalah dengan menjadi contoh yang positif. Jadi, pastikan Mommy untuk selalu menjaga emosi diri tetap tenang dan menahan diri untuk tidak berupaya mengendalikan mereka.

Tidak hanya itu, Mommy juga harus menghindari kebiasaan menasihati atau menceramahi anak saat ia sedang mengamuk. Pasalnya, ini tidak akan menenangkan anak, melainkan membuat tantrum mereka semakin susah untuk dikendalikan. Berusaha untuk menjawab keinginan anak dengan sudut pandang lain tidak akan membuat mereka mengikhlaskan keinginan mereka. Yang ada, mereka akan semakin emosional dan marah.

Jangan Marah, Moms! Coba Redakan Tantrum Anak dengan Kata-kata Cinta
source: https://kidspotatnewscorpau.wordpress.com/

Di sisi lain, akan lebih efektif dan efisien juga Mommy mulai berbicara saat anak sudah lebih tenang dan stabil emosinya. Sekali pun ingin menasihati, pastikan nasihat Mommy tidak diungkapkan dengan kemarahan dan kejengkelan, apalagi dengan kata-kata yang menghakimi. Berikan validasi atas perasaan mereka, tetapi tambahkan dengan masukan dan nasihat mengenai bagaimana mereka seharusnya mengungkapkan perasaan. Semua ini harus diungkapkan dengan lembut dan perlahan.

baca juga

Apalagi jika kemarahannya adalah ungkapan emosi yang wajar saat ia mengalami suatu peristiwa yang mengecewakan. Ingat, anak-anak tentu memiliki situasi dan kondisi tertentu yang membuatnya sedih, kecewa, dan marah. Hargai perasaan mereka itu.

Jangan Marah, Moms! Coba Redakan Tantrum Anak dengan Kata-kata Cinta
source: https://www.verywellfamily.com/

Nah, jika Mommy masih bingung mencari solusi untuk ungkapan dan kalimat yang bisa digunakan untuk meredakan emosi anak, berikut ini adalah beberapa kata-kata yang bisa Mommy gunakan: 

  • Bunda tahu kamu mau mainan itu, tapi mainanmu yang lebih bagus masih banyak, mainkan yang ada dulu ya sayang.
  • "Sudah selesai menangisnya? Sini Mommy peluk supaya kamu lebih tenang."
  • "Daripada capek menangis, lebih baik main sama Mommy, yuk!"
  • "Tidak apa-apa ya kali ini tidak beli mainan, tapi Mommy akan siapkan makanan enak buat nanti malam."
  • "Marah dan menangis itu boleh, kok. Tapi kalau terlalu lama nanti akan capek juga. Bagaimana kalau kita bermain saja?"

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Mommy lakukan untuk menghadapi anak yang tantrum. Semoga informasi ini bermanfaat, Moms!