Seorang gadis asal Malaysia bernama Zubieda Boudjit, baru-baru ini sempat mencuri perhatian ribuan warganet. Pasalnya, Zubieda, melalui akun twitter dirinya membagikan foto transformasi tubuhnya hanya dalam satu tahun.

Setahun Tak Makan Nasi, Berat Badan Gadis Ini Turun 45kg

Sontak perubahan drastis Zubieda membuat banyak netizen penasaran dengan teknik diet yang dia gunakan untuk menjadi lebih sehat secara fisik.

Tak Makan Nasi Selama Setahun

Zubieda mengaku kehilangan berat badan 45 kilogram dalam satu tahun, sejak 2018 dengan mengadopsi diet Atkins. Dia menjelaskan, selama satu tahun lebih dirinya tidak mengonsumsi nasi. Hal ini dilakukan terhitung sejak 17 oktober 2018. Tidak hanya itu, selain tidak makan nasi, Zubieda juga mengurangi minuman dan makanan yang mengandung gula.

"Saya tidak makan mie, bihun, kwetiau, roti canai, dan berbagai jenis roti lainnya" tulis Zubieda di Twitter-nya @zubiedaboudjit.

Tak Makan Nasi Selama Setahun

Karena tinggal di asrama, Zubieda tak pernah beli makan siang dengan nasi. Dia hanya beli lauk saja, seperti ayam atau ikan, sayur, tahu atau perkedel. Jika menunya habis, Zubeida akan membeli kentang yang sudah direbus, dan memakannya dengan sambal. Untuk memenuhi kebutuhan protein tubuhnya, Zubieda mengaku juga makan tempe.

Untuk sebagian orang, diet nasi memang akan membuat lapar, namun tidak dengan Zubieda, karena dia mengonsumsi makanan alternatif yang mengandung karbohidrat. Zubieda mengonsumsi cukup protein, karbohidrat, dan serat dalam satu hidangan saat makan siang. Dia juga mengonsumsi apel, jeruk atau kadang-kadang pisang sebagai camilannya. Dan yang perlu diingat, Zubieda makan malam sebelum jam 8 malam.

Zubieda juga mengaku mengonsumsi jus jeruk lemon setiap pagi dan malam sebelum tidur untuk membantu pencernaan dan rutin berolahraga dengan pergi ke gym di kampusnya setidaknya dua kali seminggu.

baca juga

Berkenalan Dengan Diet Atkins

 Moms belum mengenal apa itu Diet Atkins? Dilansir Halodoc, Diet Atkins cenderung berbeda dari diet kebanyakan, karena memperbolehkan seseorang mengonsumsi lemak. Menjalani Diet Atkins berarti Moms harus menjalani pola diet dengan asupan tinggi lemak dan protein, tapi rendah karbohidrat.

Perlu diketahui ya, Moms, tidak semua lemak berdampak negatif pada kesehatan. Lemak tak jenuh (HDL), alias lemak baik, diperlukan tubuh agar fungsinya tetap berjalan normal. Selain itu, hasil penelitian yang dilakukan para ahli selama 12 tahun terakhir mengatakan bahwa metode diet Atkins dinilai baik bagi seseorang yang ingin menurunkan berat badan.

Lemak HDL yang dikonsumsi ini berfungsi untuk melindungi kesehatan jantung, mengontrol gula darah, hingga membantu menurunkan berat badan. Menu diet Atkins sendiri bersumber pada makanan yang mengandung protein murni (rendah lemak), lemak HDL, dan tentu sayuran tinggi serat. Pola makanan yang rendah karbohidrat ini bisa meningkatkan metabolisme, sehingga tubuh bisa membakar lebih banyak simpanan lemak dalam tubuh.

Berkenalan Dengan Diet Atkins
source: https://dietsehat.co.id/

4 Fase Penting Dalam Menjalani Diet Atkins:

  • Fase 1 (Induksi): Fase ini adalah periode ketika tubuh mengganti sumber energi dari karbohidrat menjadi lemak. Prosesnya disebut dengan ketosis. Selama fase ini, kamu enggak diperbolehkan mengonsumsi karbohidrat lebih dari 20 gram dalam dua minggu.
  • Fase 2 (balancing): Seiring berjalannya fase satu, secara perlahan kamu bisa menambahkan sayuran rendah karbohidrat, kacang-kacangan, dan sedikit buah-buahan pada menu harianmu. Kamu bisa mengonsumsi ketiga makanan itu kurang lebih 15-20 gram per sajian.
  • Fase 3 (fine-tuning): Ketika kamu sudah hampir mencapai berat badan yang diinginkan, barulah kamu boleh menambahkan sedikit karbohidrat dalam menu harian. Takarannya kurang lebih 10 gram sampai berat tubuhmu turun perlahan.
  • Fase 4 (maintenance): Nah, ketika menjalani diet Atkins sudah sampai fase terakhir, kamu diperbolehkan mengonsumsi pelbagai karbohidrat sehat, sebab tubuh sudah bisa mentolerirnya tanpa kenaikan berat badan.

Efek Samping Diet Atkins

Meski merupakan revolusi baru untuk menurunkan berat badan, diet yang satu ini juga memiliki efek samping, Moms. Di antaranya adalah:

  • Mudah merasa lelah
  • Sering pusing
  • Napas berbau
  • Sembelit
  • Pengroposan tulang
  • Insomnia
Efek Samping Diet Atkins
source: https://www.alodokter.com/

Berikut daftar makanan yang dilarang dan dianjurkan saat menjalani Diet Atkins.

Makanan yang wajib dihindari pada diet atkins:

  • Makanan atau minuman mengandung gula.
  • Makanan yang mengandung biji-bijian atau gandum utuh.
  • Makanan yang mengandung lemak trans.
  • Buah tinggi karbohidrat.
  • Sayuran tinggi karbohidrat.
  • Umbi-umbian, kentang, jagung

Makanan yang dianjurkan saat diet atkins:

  • Daging
  • Berbagai jenis ikan-ikanan
  • Telur
  • Sayuran rendah karbohidrat, seperti : brokoli, bayam, dll.
  • Mentega, keju, yogurt.
  • Kacang-kacangan : almond, kenari, biji bunga matahari, dll.
  • Lemak sehat : alpukat, minyak zaitun
Nah Moms, tertarik mencoba Diet Atkins?