Dilansir Detik, kabid RTH dan PJU DKRTH Kota Surabaya Henri Setianto membenarkan jika bunga tabebuya tengah bermekaran di jalan-jalan di Kota Pahlawan. Pemkot Surabaya menanam bunga-bunga itu sejak 10 tahun lalu.

Cantik Bagai di Jepang, Indahnya Bunga Tabebuya Bermekaran di Surabaya
source: https://www.instagram.com/exploresurabaya/
"Sudah kita tanam sejak sepuluh tahun yang lalu. Kemudian setiap tahun kita tambah hingga saat ini berjumlah sekitar enam ribu hingga tujuh ribu yang kita tanam," kata Henri kepada wartawan di Jalan Gubeng, Senin (18/11/2019).
source: https://www.instagram.com/exploresurabaya/

Menurut Henri ada tiga tabebuya yang ditanam. Yakni berwarna putih, merah muda dan kuning. Tiga jenis tabebuya itu tidak berbunga secara berbarengan. Bulan ini hanya ada dua warna yang berbunga.

"Normalnya tabebuya warna pink itu berbunga pada bulan Oktober dan November. Tahun-tahun ini agak mundur (berbunga) karena cuacanya kurang bersahabat. Tahun kemarin sudah mekar semuanya," imbuh Henri.

Henri menjelaskan, saat ini pohon tabebuya sudah tertanam di seluruh jalan protokol Kota Surabaya. "Awal-awal memang di jalan protokol. Namun kini sudah ada hampir di semua jalan di Kota Surabaya," ujar Henri.

Henri kemudian menyampaikan alasan Pemkot Surabaya melakukan penanaman tabebuya. Menurutnya, itu dilakukan agar Surabaya memiliki bunga yang menarik mirip sakura. Kemudian penanaman dan perawatannya juga terbilang mudah.

"Dari segi kualitas bunganya menarik, pohonnya cepat besar dan juga bertahan di semua iklim," lanjut Henri.

Cantik Bagai di Jepang, Indahnya Bunga Tabebuya Bermekaran di Surabaya
source: https://www.instagram.com/info.surabaya/

Pada 2020, Pemkot Surabaya akan menanam kembali tabebuya. Yakni sekitar 500 pohon tabebuya pink di pinggiran Surabaya

"Mungkin 500 lebih lah, akan ditanam di kawasan Surabaya Barat, Wiyung ke sana," lanjut Henri.

baca juga

Cara Menanam Bunga Tabebuya

Tabebuya (Chrysotricha) adalah tanaman yang merupakan jenis pohon besar. Tanaman yang berasal dari Brasil ini seringkali disebut sebagai tanaman sakura karena bentuk bunga tabebuya mirip dengan bunga sakura.

Bunga tabebuya berbentuk terompet dan bergerombol dengan panjang sekitar 3-11 cm. Terdapat beragam warna bunga tabebuya diantaranya putih, pink muda, kuning, kuning keorangean, magenta, pink tua dan merah dengan motif garis warna ungu.

Jika Moms ingin menikmati nuansa Jepang di rumah, Moms juga bisa lho menanam sendiri Pohon Bunga Tabebuya di halaman rumah. Dikutip dari Faunadanflora, begini Moms cara menanam sendiri Bunga Tabebuya di rumah.

Cara Menanam Bunga Tabebuya

Pembibitan pohon tabebuya dapat dilakukan melalui biji. Caranya, pilih biji-biji tua yang telah jatuh dari pohonnya. Selanjutnya, bukalah kulit biji dan jemur di bawah sinar matahari hingga kering, lalu simpan di tempat kering selama minimal satu bulan.

Kemudian, semaikan dalam media semai berupa tanah yang dicampur kompos atau pupuk kandang dengan perbandingan 1:1. Penyemaian dan perawatan bibit dilakukan hingga bibit memiliki tinggi 1 meter atau lebih. Berikutnya, bibit sudah siap dipindah tanamkan.

Untuk bibit yang sudah berukuran 1 meter atau lebih, dapat dipindah tanamkan ke media tanam permanen. Caranya, buatlah lubang sedalam 30 hingga 50 cm, lalu tanamlah bibit dengan arah tegak lurus ke atas. Kemudian, timbun kembali bibit tersebut dan padatkan agar bibit berdiri kokoh serta tak roboh.

Selanjutnya, sirami secara intensif pada masa awal tanam bibit, setidaknya hingga pohon berukuran sekitar 10 meter atau lebih. Setelah pohon memiliki tinggi 10 meter atau lebih, penyiraman tidak lagi perlu dilakukan. Tetapi, pemupukan perlu dilakukan agar bunga tabebuya tumbu lebat dan cantik.

Sebenarnya, tanpa dipupuk pun, pohon akan tetap berbunga. Namun apabila pemiliknya ingin agar bunga tumbuh maksimal, maka pemupukan sebaiknya dilakukan 3 bulan sekali.

Bagaimana, Moms? Mau menanam Bunga Tabebuya sendiri di halaman rumah?