Kentang

Kentang merupakan jenis umbi yang memiliki banyak kandungan karbohidrat. Meskipun kerap diolah menjadi sayuran atau lauk, nyatanya kentang merupakan salah satu alternatif makanan pokok.

Kentang dan produk olahan dari kentang, biasanya justru dihindari saat diet. Hal ini disebabkan kentang memberikan asupan energi yang tinggi.

Efektif Turunkan Berat Badan, Begini Aturan dan Tips Diet Kentang
source: https://m.liputan6.com/health/read/798133/ingin-berat-badan-turun-coba-diet-kentang

Padahal suatu studi menyebutkan bahwa konsumsi 2 porsi kentang dalam sehari tidak memengaruhi peningkatan berat badan, selama diolah dengan cara yang tepat.

Dalam 100 gram kentang mengandung 77 kalori, 17 g karbohidrat, 2 g protein dan 421 mg potassium. Selain itu dalam 100 g kentang terdapat 43% vitamin C dan 15% vitamin B. Dengan melakukan diet kentang, bisa membuat orang kekurangan kalori, sehingga berat badan menjadi 
turun.

Diet kentang

Dirangkum dari U.S News melalui Detik, cara diet kentang cukup mudah. Moms hanya perlu mengonsumsi kentang sepanjang hari. Kentang yang harus Moms konsumsi sebanyak 2-5 pon atau sekitar 1-2,5 kilogram kentang per hari. Dipercaya bisa menurunkan berat badan sebesar 0,5 kilogram perharinya. 

Ada banyak variasi diet kentang namun yang populer adalah dari penulis Tim Steele, yaitu hanya mengonsumsi kentang variasi putih dengan tidak menggunakan apapun. Metode memasak yang boleh digunakan adalah memanggang, mengukus, dan merebus, tanpa menggunakan minyak.

Efektif Turunkan Berat Badan, Begini Aturan dan Tips Diet Kentang
source: https://www.popbela.com/beauty/health/amp/megadini/harus-dicoba-nih-resep-diet-kentang-yang-enak-untuk-sarapan-sehari-hari

Diet kentang ini juga tak hanya baik untuk menurunkan berat badan, namun baik untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, melancarkan proses pencernaan, dan meningkatkan sumber energi pada tubuh Moms. Karena kentang yang kaya akan nutrisi seperti adanya vitamin B6, vitamin C, serta kalium.

Dalam satu kentang berukuran sedang yang dikonsumsi bersama kulitnya, hanya menghasilkan 110 kalori. Selain itu juga mengandung 2 gram serat, 3 gram protein, natrium, dan rendah lemak.

baca juga

Tips memanfaatkan kentang untuk diet

Berikut beberapa cara yang bisa Moms lakukan dengan memanfaatkan kentang untuk diet:

1. Menggunakan kentang sebagai makanan pokok

Utamakan menggunakan kentang untuk mengganti makanan pokok, bukan sebagai camilan. Gunakan kentang sebagai pengganti nasi, lazimnya porsi kentang akan lebih besar untuk mampu menggantikan kandungan karbohidrat yang sama dengan nasi.

Efektif Turunkan Berat Badan, Begini Aturan dan Tips Diet Kentang
source: https://www.google.co.id/amp/s/mercury.postlight.com/amp%3furl=https://kawaiibeautyjapan.com/article/2442/diet-kentang-solusi-tepat-turunkan-berat-badan-secara-praktis

Hal ini sangat menguntungkan karena Moms bisa merasa cukup kenyang namun asupan karbohidrat dalam tubuh tidak sebanyak saat mengonsumsi nasi. Moms perlu mengonsumsi 2-3 buah kentang ukuran 75-80 gram untuk mendapatkan kandungan karbohidrat yang setara dengan 1 centong nasi. 

2. Mengonsumsi kentang dengan metode masak rendah lemak

Agar manfaat dan kandungan gizi kentang tetap terjaga, hindari menggoreng kentang, goreng dengan tepung, atau memasak kentang dengan santan. Ada cukup banyak metode masak yang bisa Moms gunakan untuk mengolah kentang, di antaranya:

Efektif Turunkan Berat Badan, Begini Aturan dan Tips Diet Kentang
source: https://lifestyle.okezone.com/amp/2017/05/23/481/1697621/kentang-panggang-dan-kentang-kukus-mana-lebih-sehat
  • Kentang panggang
  • Kentang rebus
  • Kentang kukus

Yang semuanya tersebut bisa Moms tambahkan bumbu super nikmat yang tidak tinggi kalori, misalnya bubuk lada atau bawang.

baca juga

3. Tidak mengupas kulit kentang

Mengonsumsi kentang dengan kulitnya, selain membuat gizinya lebih terjaga, akan membuat kandungan serat yang ada pada kentang tetap lengkap.

Efektif Turunkan Berat Badan, Begini Aturan dan Tips Diet Kentang
source: https://doktersehat.com/kentang-untuk-diet/amp/

Jadi, setelah mencuci kentang dengan bersih, usahakan tetap menggunakan kulit kentang saat mengolahnya, ya Moms.

4. Sajikan kentang dengan makanan tinggi serat lainnya

Untuk mendukung diet, sajikan kentang dengan makanan tinggi serat lainnya. Pilih kentang sebagai makanan pokok, lalu sajikan dengan sayuran yang tinggi serat, misalnya asparagus, brokoli, atau lauk tinggi serat, misalnya tahu panggang dengan bumbu.

Efektif Turunkan Berat Badan, Begini Aturan dan Tips Diet Kentang
source: https://akupunmenulis.wordpress.com/2015/12/14/menu-sarapan-kentang-keju-plus-sayuran/amp/

Jangan lupa lengkapi sajian makanan dengan buah atau jus buah tinggi serat, misalnya dari buah apel atau jambu.

Berikut tadi tips dan aturan diet dengan memanfaatkan kentang sebagai bahan utamanya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya Moms!