Angka kehamilan yang tidak diinginkan meningkat belakangan ini. Hal ini pun berdampak pada bertambahnya kasus-kasus pembunuhan dan penelantaran bayi. Beberapa negara akhirnya memutuskan untuk melegalkan tindakan aborsi untuk menyelesaikan masalah ini. Namun, beberapa negara lain masih menganggap aborsi sebagai tindakan yang melanggar hukum sehingga melarangnya.

Miris! Seorang Ibu Berikan Minuman Soda Pada Bayinya Karena Tak Bisa Aborsi
source: http://canigivemybaby.com/

Salah satu negara yang masih melarang aborsi adalah Kenya. Di sana, aborsi tidak diizinkan kecuali ada kondisi darurat, seperti saat kehidupan atau kesehatan ibu yang mengandung sedang dalam bahaya. Sayangnya, pelarangan aborsi ini malah berdampak pada peningkatan kasus pembunuhan bayi ketika para wanita berpikir keras untuk mencari agar bisa menyingkirkan anak-anak mereka yang tidak diinginkan.

Satu kasus terungkap di mana seorang ibu berencana membunuh bayinya dengan cara memberikannya minuman bersoda, bir jahe dan beragam minuman-minuman orang dewasa lain untuk menggantikan ASI. Hal ini dilakukan karena saat mengandung dulu ia tidak diizinkan untuk melakukan aborsi. 

Miris! Seorang Ibu Berikan Minuman Soda Pada Bayinya Karena Tak Bisa Aborsi
source: https://prospect.org/

Dilansir dari WorldofBuzz, Vincent Odhiambo, seorang aktivis hak asasi manusia di Kibera, mengungkap bahwa ia telah menerima laporan bahwa seorang wanita telah memberikan bayi perempuannya yang baru lahir bir jahe lokal dan Coca-Cola dalam jumlah yang tinggi. Menurutnya ini dilakukan karena wanita itu belum siap sepenuhnya untuk memiliki anak dan membangun keluarga.

baca juga

Kasus pembunuhan bayi akhirnya menjadi masalah baru yang berkembang atas pelarangan aborsi. Ini ditandai dengan seringnya ditemukan bayi-bayi terlantar dan mati dari tempat pembuangan sampah atau sungai. Sementara itu, beberapa wanita lain memilih aborsi yang dilakukan secara ilegal. Namun, ini tentu sangat berisiko dan membahayakan kesehatan wanita itu sendiri. 

Miris! Seorang Ibu Berikan Minuman Soda Pada Bayinya Karena Tak Bisa Aborsi
source: https://www.abc.net.au/

Apapun itu, membiarkan bayi-bayi yang lahir menjadi korban tentu bukanlah hal yang bijak. Semoga para pembuat kebijakan di setiap negara memperhatikan betul masalah ini untuk memperoleh solusi yang terbaik.